Sekda: Penyaluran Zakat Berperan Wujudkan Keadilan dan Kesetiakawanan

waktu baca 2 menit
Senin, 29 Mei 2023 20:59 0 646 Ramzy

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan bahwa penyaluran zakat mewujudkan keadilan dan kesetiakawanan.

Hal tersebut diungkapkan Sekda saat menghadiri penyerahan simbolis Zakat, Infak, Shodakoh (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tangerang Peduli Pendidikan yang dilaksanakan di Aula Kantor BAZNAS Kabupaten Tangerang Citra Raya, Senin 29 Mei 2023.

“Penyaluran zakat berperan dalam mewujudkan keadilan dan kesetiakawanan sosial, menunjang
terwujudnya keamanan dalam masyarakat,” jelas Sekda.

Sekda melanjutkan bahwa penyaluran ZIS BAZNAS Kabupaten Tangerang untuk aspek pendidikan dan kesehatan tahun 2023, diantaranya berupa: bantuan mebeler 48 unit, bantuan bedah madrasah 12 unit dan bantuan SKSS untuk 14 orang. Selain itu juga diserahkan bantuan sarana keagamaan kepada masjid 5 unit, mushola 7 unit, Madrasah Tsyanawiyah 12 unit dan mustahik sebanyak 14 orang.

“Hari ini Baznas menyalurkan bantuan dari aspek pendidikan, kesehatan, hingga bedah rumah bagi mustahik. Tahun ini sekitar Rp. 8,3 milyar disalurkan oleh BAZNAS,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kabupaten Tangerang, Achmad Nawawi mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan target penerimaan zakat untuk memenuhi kebutuhan bantuan terutamanya aspek pendidikan yang diberikan kepada fakir miskin, guru ngaji, guru agama, guru TPA/TK, pemulasar jenazah, bantuan mualaf dan bantuan yatim dan dhuafa.

“Karena kebutuhan terus naik, kita juga targetkan peningkatan penerimaan zakat, seperti tahun 2022 dari Rp. 2 sampai Rp. 8 miliar, dan tahun ini ditarget Rp. 10 miliar. Dimana kita mengoptimalkan zakat dari ASN dan beberapa institusi atau lembaga pemerintah lainnya, Polri-TNI,” tuturnya.(Rls)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

LAINNYA