banner 468x60 banner 468x60

Tawon Vespa Kembali Muncul di Permukiman Warga, BPBD: 200 Sarang Telah Dimusnahkan

Ramzy
7 Des 2020 17:18
1 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Warga Kampung Cogreg RT 06/03, Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang kembali dikejutkan dengan munculnya kawanan tawon berjenis Vespa Affinis yang membuat sarang dan singgah di permukiman warga.

“Pos Tigaraksa sekarang sedang mengevakuasi sarang tawon yang menggangu warga,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Bencana BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin kepada SuaraBantenNews, Senin, 7 Desember 2020.

Kosrudin mengatakan, sudah ada sekitar 200 sarang tawon yang berhasil dimusnahkan oleh BPBD Kabupaten Tangerang. Hampir setiap hari, kata dia, terdapat satu hingga dua sarang tawon yang dimusnahkan, ribuan tawon ini tersebar hampir di seluruh kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

“Ini biasanya migrasi, bisa dari Negara Afrika dan Australia yang mampir ke Indonesia dan membuat sarang,” tandasnya.

Ia menyebut sarang yang dibuat oleh ribuan tawon berjenis Vespa Affinis ini dapat tumbuh besar dalam waktu satu hingga dua hari. Biasanya, kawanan tawon membuat sarang bisa di depan rumah, dapur, torn air, tanaman hias, tiang listrik, pohon dan sarana lain.

Secara pasti, pihaknya belum mengetahui dari mana kedatangan tawon tersebut. Namun, berdasarkan pengamatan, mereka berdatangan tidak sepanjang tahun. Artinya mereka hanya bermigrasi antar negara yang saat ini tengah singgah di Negara Indonesia.

“Hingga saat ini alhamdulilah belum ada korban jiwa,” tandasnya.(Restu/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan