Plasma Konvalesen Jadi Alternatif Kesembuhan Pasien Covid-19

Ramzy
22 Des 2020 13:38
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kabar baik datang dari satu orang pasien Covid-19 yang berhasil sembuh usai menjalani perawatan di RSU Kabupaten Tangerang. Dalam perawatannya, pasien tersebut sembuh setelah tim medis menerapkan terapi plasma konvalesen.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, terapi ini dilakukan dengan memberikan plasma, yaitu bagian dari darah yang mengandung antibodi dari orang-orang yang telah sembuh dari COVID-19.

Para penyintas (orang yang mampu bertahan hidup) saat terinfeksi Covid-19 ini bisa menjadi pendonor plasma konvalesen dengan menjalani sejumlah pemeriksaan dan memenuhi persyaratan. Penggunaan plasma dari penderita yang sembuh telah dilakukan untuk pengobatan Flu Babi, Ebola, SARS dan MERS.

“Untuk di Banten sendiri baru ada dua. Satu RSUD Banten dan RSU Tangerang. Sudah ada alatnya dari kemenkes, kemarin datang,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmidzi, kepada SuaraBantenNews, Selasa, 22 Desember 2020.

Hendra menjelaskan, plasma hanya diberikan kepada pasien yang kritis. Donornya berasal dari pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan dan disetujui.

“Satu pasien menunjukkan respons yang baik secara klinis dan hemodinamik (gerak darahe pada tubuh), serta sudah sembuh dan pulang,” ungkapnya.

Hendra memaparkan, proses penyembuhan terapi plasma konvalesen tidak langsung terlihat. Namun, kata dia, tentu memerlukan waktu alias tidak spontan. Ia menyebut, bshawa terapi plasma yang diberikan kepada pasien Covid-19 yang memiliki gejala berat.(Restu/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan