banner 468x60 banner 468x60

Polsek Balaraja Dampingi Vaksinasi Door to Door ODGJ

Joe
27 Agu 2021 13:39
2 menit membaca

TANGERANG (SBN)-, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten melaksanakan pendampingan kegiatan vaksinasi untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Jumat (27/8/2021).

Kegiatan vaksinasi untuk disabilitas dan ODGJ itu dilaksanakan oleh Puskesmas Balaraja dipimpin Kepala Puskesmas Ai Siti Zakiyah dan didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja Aiptu Sholihin. Pendampingan itu merupakan pelaksanaan atensi Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, SH, SIK, MSi.

“Ada 8 pasien ODGJ yang hari ini mendapatkan layanan vaksinasi,” Kapolsek Balaraja Kompol Gede Prasetia Adi Sasmita SIK.

Adi menerangkan, vaksin yang diberikan kepada ODGJ merupakan dosis pertama. Kata Adi, pendampingan diperlukan guna memudahkan petugas vaksinator menjalankan tugas mengingat pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan dengan metode door to door. Seperti lazimnya pelaksanaan vaksinasi, sebelum divaksin terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan guna memastikan kondisi kelayakan.

“Kegiatan vaksinasi untuk ODGJ ini agar setiap warga tanpa melihat latar belakang memiliki kekebalan tubuh sehingga dapat membentuk herd immunity atau kekebalan komunitas,” terangnya.

Adi menyampaikan, ODGJ memiliki hak untuk mendapatkan vaksinasi. Oleh karenanya, ia berharap, dengan vaksinasi itu para disabilitas dan ODGJ dapat memiliki kekebalan tubuh sehingga terhindar dari potensi terpapar Covid-19.

Ia menambahkan, saat melaksanakan pendampingan, petugas juga terus mengimbau masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan tertib 5M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Kami imbau masyarakat untuk disiplin prokes dan patuh kebijakan pemerintah terkait PPKM,” tandasnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan