Tingkatkan Kreativitas Siswa, Disdik Kabupaten Tangerang Gelar FLS2N dan PENTAS PAI Jenjang SMP

  • Whatsapp

Tangerang,- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tangerang menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaifullah mengatakan, FLS2N dan PENTAS PAI ini bertujuan memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik dalam pengembangan diri.

Selain itu, kata Syaifullah, para siswa juga bisa mengekspresikan seni sesuai dengan norma, budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka,” kata Syaifullah.

Ia juga berharap, FLS2N dan PENTAS PAI jenjang SMP ini, bisa menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa dan dapat menumbuhkembangkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tangerang Abdul Qodir menjelaskan, untuk cabang Lomba FLS2N Jenjang SMP tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2022 ini, diantaranya :

Untuk cabang Lomba Berjenjang Ke Tingkat Nasional : Festival kreativitas tari, Festival Kreativitas Musik, Tradisional, Solo Vokal, Gitar Duet, Desain Foster.

Cabang Lomba Tingkat Kabupaten : Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Puisi, Story Telling, dan Seni Musik Modern / Band.

Peserta lomba adalah juara dari hasil seleksi tingkat gugus yang di buktikan dengan Surat Keputusan dari Ketua Gugus.

Jumlah peserta untuk kegiatan di tahun 2022 ini diikuti oleh 9 gugus SMP di Kabupaten Tangerang dengan masing-masing mata lomba 1 peserta untuk perorangan dan 1 group untuk yang beregu.

“Juara lomba kegiatan FLS2N tingkat Kabupaten Tangerang di terbitkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Nomor : 421.3/3904 –Disdik tentang Penetapan Peserta Yang Memperoleh Juara Pada Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan kreativitas Siswa Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2),” jelasnya.

Qodir mengungkapkan, untuk Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) SMP Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2022, mengangkat Pentas PAI Menuju Pembentukan Sikap Siswa Yang Unggul, Berkarakter dan Akhlaq Mulia Untuk Mewujudkan Kabupaten Tangerang Gemilang

Cabang Lomba yang di lombakan adalah: Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Lomba Kaligrafi IslamMusabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Khutbah Jum’at.

“Peserta lomba adalah juara dari hasil seleksi tingkat gugus yang di buktikan dengan Surat Keputusan dari Ketua Gugus,” paparnya.

Jumlah peserta untuk kegiatan PENTAS PAI di tahun 2022 ini diikuti oleh 10 gugus SMP di Kabupaten Tangerang dengan masing-masing mata lomba 1 peserta untuk perorangan dan 1 group untuk yang beregu.

“Sasaran FLS2N dan PENTAS PAI jenjang SMP Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2022 ini, adalah peserta didik jenjang SMP Negeri dan Swasta, yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang, dan seluruh biaya pelaksanaannya ditanggung pemerintah daerah yang dibebankan pada APBD,” pungkasnya. (ADV)

Wartawan

Related posts