Rasa Syukur dan Bangga, Pemkab Tangerang Juara Umum MTQ XIX

Kab.Tangerang, Suarabanatennews.com,-Setelah lebih dari 10 tahun, di penghujung tahun 2022 ini, Kabupaten Tangerang akhirnya kembali merebut juara umum MTQ ke-19 Propinsi Banten yang digelar di Kabupaten Serang, mulai tanggal 27 November sampai dengan 1 Desember 2022. Dalam sambutannya Sekda yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Tangerang mengatakan usaha yang sungguh-sungguh dan tak kenal lelah terus dilakukan kepada kafilah agar agar nanti dapat meraih hasil yang maksimal di MTQ tingkat Provinsi Banten.

“Persiapan yang maksimal tidak akan mengkhianati hasil. Proses tidak akan menghiati hasil. Untuk itu para Qori, Qoriah dan Khafiz Kahafizoh ikuti pembinaan secara bertahap dan sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal,” ungkap Sekda, saat membuka pembinaan kepada para khafilah MTQ Kabupaten Tangerang, Jumat (18/11/22).

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar yang melepas Khafilah Kabupaten Tangerang di Hotel Lemo Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Sabtu (26/11/22) kembali menekankan target juara umum MTQ Tingkat Propinsi kepada seluruh anggota khafilah. “Saya berharap para Kafilah MTQ Kabupaten Tangerang di propinsi bisa membawa piala juara umum ke Kabupaten Tangerang karena sudah lama piala tersebut tidak mampir di Kabupaten Tangerang,” harap Bupati Zaki.

Bupati Zaki pun berpesan kepada seluruh anggota kafilah untuk terus berbuat semaksimal mungkin dan jangan mudah menyerah. Selain itu dia juga meminta untuk jaga kondisi dan kesehatan agar bisa bertanding secara maksimal. “Saya minta kepada para kafilah untuk jaga kesehatan, jaga pola makan dan tidur yang cukup agar kondisi selalu prima ketika dalam mengikuti perlombaan sehingga hasilnya pun akan maksimal,” pintanya.

Bupati juga menandaskan target sebagai pemenang juara umum penting tapi yang tidak boleh dilupakan adalah kejujuran, peserta yang telah dibina itu merupakan benar-benar asli asal Kab. Tangerang. Menurut dia, hal tersebut lebih membanggakan daripada medali dan juara umum. “Target juara umum itu penting tapi yang lebih membanggakan adalah peserta yang kita bina dan kita kirimkan itu merupakan asli asal Kabupaten Tangerang,” tandasnya.

Kabupaten Tangerang meraih juara umum MTQ Ke-19 Propinsi Banten. Penyerahan piala juara umum diserahkan langsung oleh Pj. Sekda Propinsi Banten M. Trenggono kepada Ketua LPTQ Kab. Tangerang yang juga Sekda Kab. Tangerang Moch Maesyal Rasyid. Acara tersebut di Hotel Marbella Anyer, Kamis (01/12/2022).

Ketua Dewan Hakim MTQ Ke-19 Propinsi Banten, Sybli Sarjaya, dalam laporannya mengatakan Kabupaten Tangerang dinobatkan sebagai juara umum dengan total nilai 134, unggul atas Kabupaten Serang dan Kota Tangerang. Ketua LPTQ Kab. Tangerang yang juga menjabat Sekda Kab. Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengungkapkan kegembiraanya atas direbutnya kembali juara umum MTQ Tingkat Propinsi Banten setelah lebih dari 10 tahun penantian. “Puji syukur ke hadirat Allah SWT, alhamdulillah tadi diumumkan bahwa Kabupaten Tangerang juara umum MTQ ke-19 Tingkat Propinsi Banten tahun 2022,” ungkap Maesyal Rasyid.

Moch Mesyal Rasyid menambahkan khafilah Kab. Tangerang meraih total skore tertinggi 134 dengan rincian raihan 18 emas, 13 perak dan 5 perunggu. Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendoakan dan terus mendukung sehingga predikat juara umum MTQ Propinsi Banten kembali dapat direbut. “Kami atas nama pimpinan, Bupati dan Wakil Bupati mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Kamenag kita, khafilah kita, para pembina, oficial termasuk dewan hakim dan juga kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang yang telah mendoakan dan terus mendukung khafilah Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Dia juga menandaskan bahwa berkat pembinaan yang berkelanjutan dan matang kepada khafilah Kabupaten Tangerang selama kurang lebih 1 tahun serta dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati dan doa dari seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang membuat dorongan semangat tersendiri bagi khafilah Kabupaten Tangerang untuk berjuang tanpa kenal lelah dan semaksimal mungkin demi mempersembahkan hasil terbaik. “Satu tahun khafilah ini semua telah mempersiapkan diri, nah inilah hasilnya. Jadi, benar-benar bahwa proses tidak menghianati hasil,” tandasnya

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar tidak bisa lagi menyembunyikan rasa syukur dan bangganya atas raihan Kafilah Kab. Tangerang yang berhasil meraih Juara Umum MTQ ke-19 Tingkat Provinsi Banten yang digelar di Anyer Kab. Serang.
Hal tersebut diungkapkan Bupati Zaki saat memimpin apel Senin (05/12/2022). Bupati Zaki mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua LPTQ Kab. Tangerang, Ketua MUI, para alim ulama, pembimbing, pembina, dewan hakim dan juga para kafilah Kabupaten Tangerang yang telah bekerja keras hingga bisa menjadi juara umum.

“Insya Allah di tahun depan bisa dipertahankan gelar juara umum MTQ provinsi. Untuk bonus kita berikan kepada seluruh kafilah, seluruh dewan hakim dan juga pembina, nilainya pun kita tambah dari tahun sebelumnya,” Ucap Bupati ketika secara simbolis memberikan bonus bagi kafilah MTQ di GSG Puspemkab. Tangerang.

Menurut Bupati, adalah satu kebanggaan tersendiri baginya atas raihan juara umum MTQ Tingkat Provinsi Banten karena setelah penantian yang cukup lama akhirnya Kab. Tangerang kembali berhasil menjadi juara umum. Dia juga menambahkan Kab. Tangerang pun siap apabila ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Propinsi Banten pada tahun 2023 mendatang.

“Memang ini merupakan perjuangan yang terus kita lanjutkan setiap tahunnya. Tapi yang penting adalah perjuangan untuk terus membumikan Alquran di Kabupaten Tangerang ini, karena semaju apapun nanti Kabupaten Tangerang tradisi, adat istiadat harus tetap ada. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk tetap melanjutkan syiar Islam kepada anak cucu kita di Kabupaten Tangerang apalagi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu Ketua LPTQ Kab. Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengungkapkan rasa syukurnya karena penantian panjang yang disertai dengan usaha dan perjuangan tak kenal lelah akhirnya membuahkan hasil, Kab. Tangerang merebut kembali juara umum MTQ Banten yang sudah lama dinanti-nantikan. “Saya juga sampaikan kemenangan ini merupakan suatu kebanggaan dan untuk meraih juara umum ini tidaklah mudah. Kita sudah mempersiapkan selama 1 tahun untuk melakukan pembinaan dan setiap bulan kita kumpulkan seluruh kafilah untuk pembinaan secara langsung dengan para guru, para kiayi, alim ulama,” jelas Maesyal Rasyid.

Dia juga menegaskan kembali kesiaapan Kab. Tangerang apabila terpilih menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Banten 2023. “Tahun 2023 besar kemungkinan Kabupaten Tangerang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-20 Tingkat Provinsi Banten. Dan kita siap untuk melaksanakannya,” tandasnya.(Adv)

Wartawan

Related posts