Tingkatkan Kompetensi SDM, PERUMDAM TKR Dipercaya Jadi Penyelenggara Pelatihan dan Sertifikasi

Redaksi
11 Mei 2024 09:44
3 menit membaca

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PERUMDAM TKR) Kabupaten Tangerang bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkolaborasi dengan USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi (BNSP). Pelatihan ini diselenggarakan selama 5 (lima) hari berturut-turut, mulai dari 22 April sampai 26 April 2024.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pembukaan kegiatan yang dilakukan pada Senin (22/4) di Aula Tirta, Kantor Pusat PERUMDAM TKR. Pembukaan tersebut disampaikan oleh Ronny Sutrisno selaku Tim Leader Objective 2a Water untuk menyampaikan laporan ketua panitia.

“PERUMDAM TKR menjadi tuan rumah dan menjadi percontohan PERUMDA lain agar memiliki lembaga pelatihan yang representatif. Kami terus mensupport beberapa lembaga pelatihan dan terus mengembangkan agar dapat menjadi satu sistem peningkatan Basan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berkelanjutan,” Ujarnya.

“Ini adalah kesempatan tidak hanya mendapatkan teori dan praktek lapangan tetapi juga ada uji kompetensi. Selesai pelatihan, peserta akan memiliki kompetensi dan sertifikasi di bidang manajemen energi,” imbuhnya.

Terdapat 29 peserta yang ikut serta dalam pelatihan ini, didalamnya termasuk 15 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dari beberapa wilayah Indonesia. Peserta bergabung juga bersama dengan staff ahli IUWASH Tangguh dan Kementerian PUPR.

Pelatihan dilaksanakan melalui dua kombinasi, yakni pelatihan kelas untuk mendapatkan pemahaman teoritis dan dilanjutkan pemahaman lapangan dengan melakukan praktek lapangan yang dibimbing oleh staf ahli dan narasumber. Hal ini ditujukan agar peserta bisa melaksanakan langsung proses manajemen energi pada lingkup BUMD.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan menambah jumlah tenaga ahli bidang Air Minum. Diharapkan akan bertambahnya staf BUMD yang ahli dibilang efisiensi energi dan menghemat energi.

Pada kesempatan yang sama Deputi Chief of Party USAID IUWASH Tangguh Jeremy Keeton mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini agar peserta dapat memanfaatkan energi yang lebih efisien kedepannya. “Hal ini sebagai salah satu usaha untuk mengoptimalkan efisiensi energi dari PDAM,” ungkapnya.

Selain itu, pelatihan ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam melibatkan unsur daerah yaitu BUMD. Dirinya juga berharap agar Sumber Daya Manusia (SDM) BUMD memiliki sertifikat energi serta menjadi tenaga yang memiliki kemampuan dan pengetahuan terkait efisiensi energi.

Direktur Utama PERUMDAM TKR Sofyan Sapar dalam sambutannya menyampaikan, “Pelatihan bisa dilakukan secara e-learning, sehingga pelatihan di PERUMDAM TKR bisa secara hybrid yaitu offline maupun online,” tutur Sofyan.

Dirinya menyebut bahwa pelatihan yang dilakukan saat ini berbasis website, sehingga bisa pelatihan dari rumah dan mendapatkan e-certicate asalkan berhasil lolos dlm uji kompetensi.

Selanjutnya, Sofyan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada IUWASH dan Kementerian PUPR. “Terima kasih sudah mempercayakan kami menjadi penyelenggara pelatihan dan sertifikasi manager energi di industri,” pungkasnya.(SSP)