Dibangun Menyerupai Ka’bah, Masjid Jami Al-Kautsar Talaga Bestari Diresmikan

Rikhi Ferdian Herisetiana
16 Mei 2024 12:33
2 menit membaca

SuaraBantenNews.Com – Masjid Jami’ Al-Kautsar yang terletak di Jalan Jungle Boulevard, Talaga Bestari, Kabupaten Tangerang, Diresmikan, pada Kamis 16 Mei 2024.

Masjid yang mempunyai bentuk menyerupai Ka’bah itu diresmikan penggunaanya oleh mantan menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil, selaku Komisaris Independen Intiland.

Dibangun oleh perusahaan properti terkemuka, masjid Jami’ Al-Kautsar berdiri di atas lahan seluas 3.900 meter persegi dengan luas bangunan 650 meter persegi dan diperkirakan dapat mampung 600 orang jamaah.

“Semoga Masjid Jami’ Al-Kautsar ini menjadi kebanggaan warga Talaga Bestari sebagai kebutuhan fasilitas ibadah warga yang tinggal di kawasan ini,” kata Direktur Intiland Permadi Indra Yoga di lokasi peresmian.

Lanjut Permadi, rancangan desain masjid Jami’ Al-Kautsar yang cukup sederhana namun indah itu diharapkan dapat menjadi landmark di kawasan Talaga Bestari.

Kata dia, masjid Jami’ Al-Kautsar juga dirancang tanpa penggunaan tiang penyangga pada area dalam masjid serta tanpa bangunan berbentuk kubah.

“Desain rancangan ini bertujuan agar menghadirkan ruangan yang lapang serta dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk beribadah,” jelasnya.

Langit-langit atau plafon bangunan masjid juga dibuat tinggi sebagai respon terhadap iklim tropis yang berpotensi menyebabkan panas dan lembab. Sebab, plafon yang tinggi akan membuat sirkulasi udara lebih baik sehingga meningkatkan kenyamanan dan kekhusyukan ketika beribadah.

Menurut Indra, hal ini juga untuk mengantisipasi peningkatan jumlah jamaah sehingga perlu perluasan kapasitas dengan pembangunan lantai mezzanine di masa mendatang.

“Desain mihrab atau tempat imam masjid dibuat menyerupai Ka’bah dan terbuka untuk menghadirkan suasana seperti beribadah di Tanah Suci. Sesuai dengan namanya Jami’ Al-Kautsar berarti Telaga di Surga. Kami berharap masjid ini menjadi tempat berkumpulnya umat muslim untuk beribadah,” tandasnya.