Kembangkan Ketahanan Pangan, Koramil 02/Curug gencarkan Program Urban Farming

waktu baca 2 menit
Rabu, 10 Jul 2024 12:03 0 32 Rikhi Ferdian Herisetiana

SuaraBantenNews.Com – Dalam rangka mengembangkan ketahanan pangan tentang pertanian di perkotaan, Koramil 02/Curug terus menggencarkan perawatan urban farming dengan memanfaatkan lahan kosong.

Metode pertanian dengan konsep urban farming tersebut dilakukan oleh anggota Koramil 02/Curug dengan menanam berbagai buah dan sayuran pada lahan kosong di kawasan di Jalan Raya PLP Curug, Desa Kadu, Kabupaten Tangerang.

Danramil 02/Curug Mayor Inf Hendrik Sudrajat mengungkapkan, bahwa anggotanya terus melakukan perawatan tanaman urban farming dengan bercocok tanam di lahan sempit perkotaan.

“Ini untuk menciptakan ketahanan pangan diwilayah binaan Koramil 02/Curug dan juga nantinya akan menjadi pengetahuan kepada masyarakat sekitar guna mengembangkan pertanian di lahar sempit maupun lahan kosong,” tuturnya, Rabu 10 Juli 2024.

Lanjut Danramil, adapun tanaman yang ditanam seperti tanaman bawang, pakcoy dan cabai dengan luas lahan 20- 25 meter di dua lokasi.

“Beberapa contoh penerapan pertanian Urban Farming yang dapat dilakukan disekitaran rumah yakni dengan sistem seperti  hidroponik, polybag, vertikultur dan memanfaatkan rooftop,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan, dalam perawatan dapat mengunakan pupuk  seperti pupuk kompos, MPK dan pupuk kandang, agar tanaman tumbuh subur serta dapat meningkatkan hasil yang maksimal.

“Manfaat yang didapat nantinya dari kegiatan urban farming adalah
Dapat meningkatkan hasil pertanian lokal yang dikelola oleh kita sendiri dan untuk warga setempat disekitar lokasi Urban Farming, selain Pengenalan cara bercocok tanam kepada masyarakat sekitar,” tandasnya.

Rikhi Ferdian Herisetiana

LAINNYA