banner 468x60 banner 468x60

Jelang Nataru, Bank Indonesia Provinsi Banten Siapkan Uang Rp2,24 Triliun

Joe
14 Des 2021 17:33
1 menit membaca

NASIONAL (SBN) — Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Natal dan Tahun Baru 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 2.24 triliun selama Desember 2021.

Terutama untuk mengantisipasi Hari Raya Natal dan tahun Baru 2022. Alokasi ini meningkat sekitar 36 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah BI Banten, Erry P. Suryanto mengatakan proyeksi kebutuhan uang kartal tersebut didasarkan pada perkiraan kebutuhan masyarakat saat menjelang nataru.

“Proyeksi ini memang didasari dari kebutuhan masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan saat jelang nataru,” katanya saat di Hotel Aston Anyer saat acara Taklimat Media 2021, Selasa (14/12/2021).

Selain itu, perkiraan kebutuhan tersebut diwakili oleh penarikan perbankan di seluruh Indonesia dengan memperhatikan level pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di setiap wilayah dan program pemerintah.

“Untuk kebutuhan akhir tahun stok mencukupi sudah menyediankan Rp 2.24 Trliun untuk jaga-jaga jika ada penarikan besar,” ujarnya.

BI juga memastikan kecukupan uang kartal untuk kebutuhan natal dan tahun baru di seluruh wilayah melalui jaringan kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia maupun jaringan perbankan, dan infrastruktur pembayaran non-tunai secara lancar dan terjaga.

Layanan tersebut merupakan sinergi BI dengan perbankan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat menjelang masa natal dan penutup tahun. (hrs)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan