Musim Kemarau, Pj Bupati Tangerang Panen Cabai di Kecamatan Kronjo

Ramzy
19 Okt 2023 21:09
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Di tengah kemarau panjang dampak El Nino yang saat ini melanda Indonesia, para petani di Kabupaten Tangerang berhasil menanam cabai di lahan sekitar 13 Ha yang bisa dipanen secara bertahap di Desa Bakung Kecamatan Kronjo.

Dari 13 Ha lahan yang ditanami, 1 Ha saat ini siap dipanen. Panen cabai tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati Tangerang Andi Ony didampingi oleh Kadis Pertanian, Camat Kronjo dan unsur Muspika Kecamatan Kronjo, Kamis 19 Oktober 2023.

Di sela-sela acara panen cabai tersebut Pj Bupati Tangerang Andi Ony mengatakan panen cabai perdana di lahan 1 Ha dari 13 Ha lahan yang tersedia diperkirakan bisa mencapai 5 ton.

“Dalam 1 hektar ini diperkirakan bisa menghasilkan secara total 5 ton cabai. Mudah-mudahan dengan panen cabai ini, paling tidak dapat mengurangi lajunya inflasi harga mahal terkait dengan cabai,” ungkap Pj Andi

Pj Andi menambahkan hasil panen ini nantinya akan distribusikan terutamanya untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Kabupaten Tangerang dan untuk panen selanjutnya sebagian juga akan ditampung di Pusat Kawasan Agropolitan (Puskagro) Sepatan.

“Ke depan itu sudah direncanakan juga bahwa distribusi ataupun penyebaran dari hasil produksi cabai ini akan di tampung di Puskagro,” jelasnya.

Menurutnya, Puskagro nantinya akan membeli dan langsung menjual ke pasar-pasar lainnya yang sudah bekerjasama dengan Puskagro.

Ia berharap dengan adanya pengelolaan yang baik dari Puskagro yang dimiliki Kabupaten Tangerang, para petani cabai bisa terbantu khususnya untuk menjaga kestabilan harganya saat pasca panen.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian yang telah membantu dan para petani di sini yang sudah mau menanam cabai karena cabai merupakan salah satu pemicu inflasi,” tandasnya.(Rls)