banner 468x60 banner 468x60

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Masyarakat Diimbau Tidak Mendekat

Ramzy
28 Nov 2023 21:46
1 menit membaca

Suarabantennews.com – Gunung Anak Krakatau beberapa kali mengalami erupsi pada Selasa, 28 November 2023. Ini berdasarkan pantauan Petugas Pengamatan Gunung Anak Krakatau.

Gunung Anak Krakatau yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, itu meletus dengan meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter.

Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 60 milimeter dan durasi lebih kurang 33 detik. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah utara laut.

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau Andi Suardi, mengungkapkan pemukiman terdekat dari Gunung Anak Krakatau berada pada Pulau Sebesi yang berjarak 16,5 kilometer.

Dia mengimbau masyarakat dan nelayan untuk tidak mendekati kawasan Gunung Anak Krakatau pada radius lima kilometer.

“Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada level III, siaga, dengan rekomendasi masyarakat, nelayan, pendaki gunung, tidak mendekati gunung dengan radius lima kilometer,” ungkapnya.

Untuk diketahui Gunung Anak Krakatau telah mengalami erupsi sebanyak 21 kali terhitung sejak tanggal 26 pagi sampai dengan 28 November 2023 pagi.(zie)