BPDPKS Gelar Wastra UKMK Sawit Nusantara di acara Walikota se- Indonesia

Rikhi Ferdian Herisetiana
10 Jun 2024 17:30
2 menit membaca

SuaraBantenNews.Com – BPDPKS menampilkan berbagai macam produk UKM sawit dalam kegiatan Indonesia City Expo (ICE) 2024 di area BSCC Dome Balikpapan pada tanggal 4-6 Juni 2024.

ICE 2024 merupakan pameran Pembangunan dengan tema Kota Sejahtera Indonesia Maju sebagai rangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Keterlibatan BPDPKS dalam ajang pameran ini adalah dalam rangka mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit dan menyampaikan berbagai peluang kemitraan UKMK sawit BPDPKS dengan stakeholder pemerintahan kota se Indonesia.

Dalam Talkshow Promosi Sawit Baik Bincang UKMK Sawit dan Kebaikan Sawit untuk Negeri Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS, Helmi Muhansyah menyampaikan berbagai upaya BPDPKS dalam membangun kemitraan UKMK Sawit.

“Kegiatan-kegiatan UKMK sawit untuk tahun 2024 sampai bulan Mei antara lain Semarak UKMK berbasis Sawit di Sumatera Utara, Pengenalan Produk UMKM Berbahan Kelapa Sawit di Sulawesi Tengah, Workshop Pengembangan Produk Kerajinan dan Pembuatan Batik Sawit Skala UKMK Berbahan Kelapa Sawit  di Yogyakarta, Workshop UMKM dan Kewirausahaan Petani Sawit Milenial Wilayah Perbatasan Negara di Kalimantan Barat, Workshop Pengolahan Limbah Lidi Sawit di Provinsi Bangka Belitung, Workshop Pemberdayaan pondok pesantren pengolahan limbah kelapa sawit sebagai material produk kerajinan di Kalimantan Utara, Workshop Sosialisasi Pemanfaatan Produk Oleofood Sawit (CBS,Non Diary Creamer, Frying Fat, Shortening) Pada Industri Perhotelan dan Bisnis Kuliner di Bali serta Promosi UKMK Sawit dalam International Business Solutions Expo (IBSE) 2024 special tema Menggali Peluang Transformasi UKMK Sawit Menuju Pasar Global,” ungkap Helmi.

Untuk sawit berkelanjutan BPDPKS terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dalam pengembangan UKMK sawit di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam Gelar Wastra UKMK Sawit Nusantara BPDPKS menampilkan pagelaran busana berbasis wastra sawit dan dikombinasikan dengan menampilkan berbagai produk berbasis UKMK sawit.

Produk – produk turunan sawit yang diperagakan antara lain helm dari tandan kosong sawit, kerajinan berbasis lidi sawit dan teh dari daun sawit.

Sebelumnya dalam pembukaan Rakernas Apeksi Presiden Joko Widodo menyampaikan 70 persen penduduk Indonesia akan ada di perkotaan pada tahun 2045.

Jokowi menyampaikan keinginannya agar seluruh kota di Indonesia nyaman dihuni dan juga dicintai warga dan wisatawan yang berkunjung.

“Kita ingin menjadikan semua kota itu lifeable nyaman dihuni, dan juga loveable orang berkunjung senang dan ingin kembali berkunjung,” ungkap Presiden Jokowi.

Berbagai produk UKMK Sawit yang ditampilkan di booth BPDPKS seperti batik yang dibuat dengan malam dari sawit, kerajinan dari lidi sawit, sabun dan lilin dari turunan sawit, produk pangan dengan minyak sawit merah dapat dikembangkan dan dijadikan cindera mata untuk wisatawan yang berkunjung di kota-kota di Indonesia.