banner 468x60 banner 468x60

Resmikan Kampus Baru Untirta, Presiden: Kampus Untirta Wakili Semangat Provinsi Banten Majukan Pendidikan Tinggi

Joe
4 Mar 2021 20:52
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Dalam kunjungan kerjanya ke Banten pada Kamis, 4 Maret 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan meresmikan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Sindangsari, Kabupaten Serang.

Jokowi mengatakan kampus baru Untirta itu mewakili semangat Provinsi Banten untuk memajukan pendidikan tinggi di wilayahnya. Kampus baru tersebut juga nantinya akan turut mempersiapkan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia Maju.

Untirta, Kampus Baru Untirta, Jokowi Kampus Untirta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Untirta Banten, Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Serang, Berita Serang Terbaru, Berita Serang Hari Ini: Resmikan Kampus Baru Untirta, Presiden: Kampus Untirta Wakili Semangat Provinsi Banten Majukan Pendidikan Tinggi

(Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

“Kampus baru ini mewakili semangat baru untuk memajukan pendidikan tinggi di Provinsi Banten serta memacu kita untuk berkonsentrasi kepada persiapan SDM (sumber daya manusia) unggul untuk memenangkan persaingan dan kompetisi global yang sekarang ini semakin sengit antarnegara,” ujarnya.

Kampus baru Untirta dibangun dengan menerapkan konsep smart and green di lingkungannya yang terdiri atas 12 bangunan, seperti penyediaan fasilitas shuttle bus untuk mobilitas para sivitas kampus dan meniadakan akses terhadap kendaraan pribadi di lingkungan kampus.

Jokowi mengingatkan, dengan segala fasilitas tersebut Untirta harus dapat berperan sebagai lokomotif kemajuan di Provinsi Banten. Untirta juga diharapkan dapat mengembangkan lompatan inovasi dan kreativitas serta membuka diri terhadap hal-hal baru seraya menjaga nilai-nilai budaya lokal.

“Hasil penelitian maupun inovasi-inovasi yang dihasilkan kampus harus bisa dirasakan oleh masyarakat karena di sekitar kita masih terdapat masyarakat yang berada di garis kemiskinan dan keterbelakangan. Ini menantang kita untuk berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan bersama,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengharapkan agar Untirta membangun jejaring kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama bekerja sama dengan kalangan industri, agar mampu memberikan nilai tambah bagi pendidikan dan kualitas hidup masyarakat.

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sejak awal pembangunan kampus baru tersebut memberikan dukungan penuh dalam rangka menyediakan sarana pendidikan tinggi bagi masyarakat di Provinsi Banten.

Ia juga menyatakan kesiapan Untirta untuk turut menyukseskan program pembangunan sumber daya manusia sebagaimana program prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua ini.

“Untirta siap membantu menyukseskan program itu dengan membangun SDM yang siap berkompetisi dan berdaya saing secara global,” ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut, di antaranya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Banten Wahidin Halim. (Ris/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan