Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag di Kabupaten Tangerang Hanya Diikuti 30 Orang

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Nasional, Berita Kabupaten Tangerang: Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag di Kabupaten Tangerang Hanya Diikuti 30 Orang
Logo Hari Amal Bakti Kemenag 2021 (Sumber : kemenag.go.id)

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran Nomor 69 Tahun 2020 tentang peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-75 tahun 2021. Rangkaian kegiatan HAB tingkat Kabupaten Tangerang hanya dihadiri 30 orang peserta untuk mencegah persebaran covid-19 yang saat ini masih mewabah.

Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang Dedi Mahfudin mengatakan Apel HAB ke-75 tingkat Kabupaten Tangerang dilaksanakan pada Selasa, 5 Januari 2021, pukul 08.00 WIB di Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang. Apel hanya diikuti 30 orang, sedangkan peserta yang lain mengikuti apel secara virtual di 99 titik se-Kabupaten Tangerang. Link ID akan disampaikan sebelum acara dimulai.

Read More

“Ini untuk mencegah penyebaran covid-19 yang saat ini di Kabupaten Tangerang masih terbilang tinggi kasusnya,” ujarnya Sabtu, 2 Januari 2021.

Dedi menambahkan, setiap peserta apel akan mendapatkan undangan tersendiri. Peserta akan mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) dengan peci hitam untuk pria atau kerudung putih untuk wanita. Peserta apel secara virtual akan mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan peci hitam untuk pria atau atasan putih, bawahan hitam, serta kerudung putih untuk wanita.

“Pada hari yang sama, tepat pukul 10.00 WIB, akan berlangsung juga acara zikir dan tasyakuran,” ungkapnya.

Dedi juga menjelaskan, untuk acara zikir, 30 orang yang berada di GSG akan mengenakan atasan berupa baju koko berjas dan bawahan sarung serta berpeci hitam; sedangkan peserta virtual di 99 titik masing-masing mengenakan atasan kemeja koko, bawahan sarung, dan berpeci hitam (pria) atau busana muslimah (wanita).

“Zikir/tahlil akan dilanjutkan dengan Babacakan Urang Tangerang di GSG dan diikuti peserta virtual di 99 titik,” tandasnya.

Dedi berharap, setelah peringatan HAB ke-75 ini Kemenang Kabupaten Tangerang bisa semakin meningkatkan pembangunan di bidang keagamaan, terutama bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam membangun kerukunan antarumat beragama.

“Kemenag diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam membangun kerukunan dan kebersamaan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tangerang yang sejuk, aman, dan damai,” ucapnya.

Kepala Subbagian Tata Usaha Kemenag Kabupaten Tangerang Ahmad Rifaudin menuturkan, pada Rabu, 6 Januari 2021, terdapat juga peluncuran program Kemenag Bersahaja (bersih, sehat, harmonis dan sejahtera). Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten.

“Selain itu, ada baksos (bakti sosial) berupa santunan untuk pegawai yang purna, meninggal, dan anak yatim sebanyak 100 orang,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebagaimana apel peringatan, kegiatan peluncuran dan baksos hanya akan diikuti oleh 30 orang di Kemenag Kabupaten Tangerang, sedangkan yang lain mengikuti secara virtual di 99 titik dan link ID akan disampaikan sebelum pelaksanaan. (Restu/Zie/Atm)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *