17 Kades Terpilih Jalani Pelatihan, Bupati Pandeglang: Pemimpin Harus Punya Inovasi

Joe
23 Jan 2020 17:10
2 menit membaca

PANDEGLANG (SBN) —17 kepala desa (kades) terpilih pada Pilkades 2019 dari 15 kecamatan diberikan pelatihan.

Dalam sambutnya, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan bahwa seorang pemimpin harus punya inovasi.

“Sekarang Bapak dan Ibu menjabat kepala desa. Yang belum dikerjakan oleh kades sebelumnya harus dapat diselesaikan oleh pemimpin yang baru,” katanya pada Pelatihan Kapasitas Kepala Desa Terpilih di Hotel Rizki, Kamis (23/1/2020).

Irna melanjutkan, sebelum membuat sebuah inovasi dan terobosan, kades harus dapat melihat potensi yang ada di wilayahnya.

“Lihat dulu potensi yang ada, lalu kembangkan agar potensi ini bisa menjadi kekuatan untuk pengembangan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, anggaran dana desa cukup besar. Untuk itu, kepala desa harus bisa transparan dan akuntabel terkait anggaran yang digunakan selama tahun berjalan.

“Dana Desa itu uang rakyat yang harus digunakan untuk pembangunan di desa dan untuk kesejahteraan masyarakarakat desa. Jangan coba bermain dengan Dana Desa karena hubungannya dengan penegak hukum,” tandasnya.

Irna juga meminta ada pilot project beberapa desa yang membuat pelayanan berbasis online sehingga masyarakat dapat dilayani dengan mudah dan cepat.

“Sekarang era digital, semua serba online. Pelayanan yang diberikan harus lebih dipermudah,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Doni Hermawan sangat setuju dengan yang disampaikan Bupati. Menurutnya, saat ini transparansi sangat dibutuhkan dalam mengelola Dana Desa.

“Itu yang kami tekankan kepada para kepala desa pada pelatihan kali ini agar seluruh kegiatan pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Doni. (Hms/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan