Distan Pandeglang Tingkatkan Populasi Sapi Melalui Program Inseminasi Buatan

  • Whatsapp

PANDEGLANG – Pembangunan sektor peternakan merupakan bagian dari pembangunan di bidang pertanian, dimana sektor ini memiliki peluang besar dan nilai strategis dalam memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat, peluang besar itu harus kita manfaatkan, bagaimana Kabupaten Pandeglang harus jadi penyangga kebutuhan pangan di Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Melihat hal itu, Pemerintah Kabupaten Pandeglang menjadikan pembangunan di sektor pertanian dan peternakan sebagai prioritas untuk peningkatan dan memenuhi produktivitas pangan.

“Maka dari itu para petani harus cerdas dan memiliki inovasi, agar Kabupaten Pandeglang dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap kedaulatan pangan di nusantara,”tutur Bupati Pandeglang saat meninjau Inseminasi buatan (IB) ternak kerbau tepatnya di Kampung Mataram, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Senin (22/10/2018).

Sementara itu, Kepala Seksi Produksi Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Wahyu Widayanti mengatakan, ada beberapa desa di Kecamatan Carita terkait Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunti (Upsus Siwab) yaitu, Desa Sukanegara sebanyak empat kelompok, Sukarame tiga kelompok, dan Sindanglaut tiga kelompok.

Saat ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap ternak yang masih kosong (belum bunting) dan sedang bunting.

Dari hasil pemeriksaan terhadap ternak di beberapa desa didapatkan ternak yang belum bunting, kami melakukan sinkron birahi yaitu inseminasi buatan terhadap ternak tersebut, seperti sekarang ini di Desa Sukanegara dari 33 ekor yang diperiksa ada sekitar 8 ekor yang dilakukan inseminasi buatan,” tandasnya. (*)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *