Jelas Musim Tanam, Warga Pandeglang Gelar Ruatan Bumi

Ramzy
25 Okt 2018 10:27
1 menit membaca

PANDEGLANG – Ruatan Bumi yang kerap dilakukan oleh warga Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang jelang musim tanam boleh dikatakan sebuah tradisi. Namun lebih dari itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita, menilai acara ini harus diniatkan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

“Lahan yang terus kita pergunakan ini harus disyukuri kepada Allah SWT. Selain itu, harus dirawat dan dipupuk dengan pupuk organik agar mengurangi residu pada hasil pertanian yang kita konsumsi,” kata Irna pada acara ruatan bumi di Kampung Tanjakan, Desa Pangkalan, Kecamatan Sobang, Rabu (24/10/2018).

Irna berharap, dalam mengolah lahan pertanian di daerah tersebut diharapkan menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

“Mesin pertanian yang canggih akan kita putar secara bergiliran, karena sangat dibutuhkan oleh petani disini agar lebih cepat dalam pengolahan lahan,” ucapnya.

Terpisah, Camat Sobang Subro Mulisi membenarkan jika kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh warganya. Kata Subro, biasanya sebelum acara ruat bumi, warga terlebih dahulu melakukan ziarah.

“Ketika mulai masa tanam, mereka akan melakukan syukuran dahulu yang dinamakan ruat bumi. Jika Rabu ini warga melakukan syukuran, berarti Jum’at kemarin sudah melakukan ziarah di TPU,” tandasnya.(Rat)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan