Permudah Pedagang Membeli Kios, PT ABC Teken Kerjasama dengan BCA

  • Whatsapp

TANGERANG – Untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), PT Askara Bangun Cemerlang (ABC) selaku pengelola Pasar Gudang Tigaraksa, Kabupaten, melakukan penandatangan kerjasama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang dilaksanakan di Pasar Gudang Tigarakasa, Kabupaten Tangerang, Senin (12/11/2018).

Hal ini, merupakan salah satu implementasi dari BCA yang menggandeng PT Askara Bangun Cemerlang (ABC), sebagai partner untuk turut menggenjot penyaluran fasilitas kredit usaha kecil (KUK) kepada pembeli kios di pasar tersebut.

Read More

Kepala Kantor Wilayah XII BCA Freddy Sulaiman mengatakan, program kredit kepemilikan tempat usaha ini, akan memudahkan para pedagang untuk memiliki kios di Pasar Gudang Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, demi mengoptimalkan pengembangan usaha kecil para pedagang di pasar tersebut.

”Eksistensi pasar rakyat yang selama ini menjadi jantung perekonomian masyarakat kecil dan menengah harus di jaga di tengah maraknya pembangunan pasar swalayan atau ritel Internasional. Terlebih, pasar rakyat turut berperan penting sebagai pondasi dari perekonomian nasional,” kata Freddy.

Atas dasar itu, lanjut Freddy, BCA sebagai institusi perbankan yang senantiasa hadir melayani segala lapisan masyarakat, berkomitmen untuk turut serta dalam menghidupkan kembali geliat pasar rakyat demi kesejahteraan bangsa melalui penyaluran kredit.

“Fasilitas kredit yang diberikan berupa kredit usaha kecil (KUK) berbentuk kredit investasi dengan Pagu program sebesar Rp 20 miliar. Fasilitas ini diberikan BCA kepada pedagang atas referensi PT Askara Bangun Cemerlang berdasarkan perjanjian kredit yang pemberiannya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan masing-masing pedagang,” jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam fasilitas kredit ini, BCA mengucurkan fasilitas kredit kepada seluruh pedagang yang permohonan fasilitas kreditnya telah memenuhi syarat dan ketentuan.

“Jangka waktu pemberian fasilitas kredit maksimal lima tahun, terhitung sejak tanggal penandatanganan perjanjian fasilitas kredit antara BCA dan pedagang. Adapun jumlah fasilitas kredit oleh BCA kepada pedagang setinggi-tingginya adalah sebesar 75 persen dari nilai pasar kios dan maksimal sebesar Rp 90 juta per kios,” ujarnya.

Menurutnya, per akhir September 2018, BCA mencatatkan kinerja cemerlang dari sisi UMKM yakni tumbuh signifikan 23 persen YoY mencapai Rp60 triliun, 12 persen terhadap total kredit.

“BCA terus berupaya menggarap supply chain financing debitur korporasi BCA, penyediaan kredit tempat usaha, maupun bekerja sama dengan entitas anak dan institusi keuangan lainnya,”jelasnya.

Direktur PT Askara Bangun Cemerlang, Andreas Handoyo Mulyono berharap, kerjasama penyaluran kredit ini, dapat membantu para pedagang di Pasar Gudang Tigarkasa.

”Kami berharap tentunya kerjasama penyaluran kredit ini, dapat membantu dan berkontribusi memperluas jaringan bisnis untuk penyaluran Kredit Usaha Kecil (KUK), serta memudahkan akses finansial untuk UMKM bagi para pedagang kios,” harapnya.

PT Askasa Bangun Cemerlang, jelas Andreas, merupakan perusahaan yang menggarap proyek revitalisasi Pasar Gudang Tigaraksa.

Oleh karena itu, pihaknya meyakini kerjasama ini, dapat membantu keberlangsungan usaha para pedagang di Pasar Gudang Tigaraksa.

Mewakili segenap manajemen PT Askasa Bangun Cemerlang, kami mengucapkan terimakasih kepada Bank BCA atas kepercayaan dan kerjasamanya, sehingga pasar Pasar Gudang Tigaraksa dapat beroperasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam seremoni penandatanganan kerjasama antara BCA dengan PT Askara Bangun Cemerlang, yakni Kepala Kantor Wilayah XII BCA Freddy Suliman, Senior Vice President Commercial Business & SME BCA Elvriawati Tumewah, Komisaris PT Askara Bangun Cemerlang Fredy Candra, Direktur PT Askara Bangun Cemerlang Andreas Handoyo Mulyono.(zie)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *