Idepreneurs Bangun Rumah Pintar Di Objek Wisata Cigaru

Ramzy
21 Nov 2018 19:58
3 menit membaca

TANGERANG – Dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta memberikan pendidikan tanpa batas untuk anak Indonesia Komuitas Idepreneurs, membangun rumah pintar di objek wisata Cigaru, Desa Cigaru Kecamatan Cisoka, Selasa (20/11/2018).

Selain membangun rumah pintar cigaru, mereka juga sudah melaksanakan kegiatan membentuk Kampung Inggris di Bengkulu, Taman Baca di Sulawesi Selatan, dan perdana mendirikan rumah pintar di wilayah objek wisata Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Ketua Panitia Rumah Pintar Cigaru (RPC) Erwin Candra mengatakan, sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, sebagai komitmen dan percaya bahwa dengan penyediaan sarana perpustakaan atau taman baca, diharapkan akan meningkatkan kebiasaan membaca masyarakat Indonesia.

“Tidak hanya kenyamanan pemanfaatan media-media edukasi, kami juga berencana mengadakan kegiatan-kegiatan kepada para penerima manfaat supaya memiliki kesempatan untuk
bereskpresi dan berkreasi dalam bentuk kegiatan non formal dengan bebas dan ceria,” ucapnya.

Ketua umum organisasi ide Indonesia Entrepreneurs Prianto Indra mengatakan, berawal dari panggilan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, para pemuda-pemudi yang tergabung dalam organisasi non profit.

Ia mengaku, Idrepreneurs berkomitmen dan berinisiatif untuk membangun rumah pintar. Rumah pintar sendiri didefiniskan bukan hanya sebagai wadah untuk ruang baca akan tetapi juga direncanakan program pengajaran-pengajaran, dari
komunitas-komunitas lokal maupun internasional yang diharapkan akan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara untuk sektor sosial, edukasi dan pariwisata.

“Pertimbangan pemilihan lokasi
rumah pintar di Kampung Cigaru ialah karena masih minimnya fasilitas pendidikan di lingkungan tersebut, penghuni sekitar yang masih tergolong masyarakat prasejahtera, dan pembangunan di kampung wisata diharapkan target penerima manfaat yang lebih luas. Sehingga rumah pintar ini
akan memberi manfaat maksimal tidak hanya pada daerah tersebut tetapi juga masyarakat luas yang berkunjung,” ungkapnya.

Sudirman Indra yang akrab disapa Ko Acin, pengelola kawasan wisata alam Telaga Biru Cigaru menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah pintar ini untuk kepentingan masyarakat. Harapanya rumah pintar ini dapat turut serta membangun sumber daya manusia seperti yang diperjuangkannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang H Arsyad Husein mengatakan, bahwa masyarakat harus memberikan pendidikan kepada anak-anak bangsa Indonesia tanpa dibatasi suatu hal, maka karena prinsip rumah pintar ini dibentuk.

“Pertanyaan dasar setelah rumah pintar ini diresmikan, rumah pintar ini harus tetap kita rawat, karena rumah pintar ini sebagai satu kesatuan sistem pendidikan kita,” tegasnya.

Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan sumbangsih dalam bidang pendidikan. Organisasi ini sangat mendukung seluruh elemen baik perorangan atau kelompok yang peduli dengan pendidikan.

Pendidikan merupakan jalan strategis yang menuntut kemajuan bangsa. Beliau mengatakan Anak-anak dapat mengembangkan kecerdasan, imajinasi, kreatifitas, talenta yang dimilikinya, dengan memanfaatkan sarana yang ada dirumah pintar.

“Gerakan menuju Indonesia pintar harus tetap berjalan. Rumah pintar dapat dijadikan sebagai pusat kreatifitas anak, magnet positif terutama anak-anak untuk meningkatkan kreatifitas,” paparnya.(zie).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan