Kembalikan Fungsi, Puluhan Irigasi Tambak Dinormalisasi

  • Whatsapp
Salah satu Irigasi yang sudah dinormalisasi oleh Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (BMPSDA) Kabupaten Tangerang.

TIGARAKSA; SBN — Akibat sedimentasi sejumlah saluran irigasi tambak di wilayah Kabupaten Tangerang tinggi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (BMPSDA) setempat, melakukan normalisasi saluran irigasi di puluhan titik.

“Normalisasi ini kami lakukan untuk mengangkat sedimentasi yang cukup tinggi. Karena harapannya, melalui normalisasi ini dapat mampu melancarkan saluran irigasi. Sehingga juga bisa mengembalikan fungsi irigasi dan sungai,” kata Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Slamet Budi, Kamis (22/11/2018).

Ia menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 43 lokasi yang saluran irigasi dan sungainya telah dilakukan normalisasi. “Ini juga dilakukan untuk mengantisipasi datangnya cuaca yang akhir-akhir ini tak menentu,” imbuhnya.

Meski demikian, ia mengaku bahwa pada tahun ini pihaknya terus fokus untuk melakukan normalisasi saluran irigasi yang ada.

“Ini sudah sesuai yang di APBD Murni 2018 ada 43 normalisasi sungai, saluran pembuang, daerah irigasi tambak. Alhamdulillah untuk yang berasal dari APBD murni 2018 sudah selesai semua,” tuturnya.

Sementara itu, Miko Kabid Sumber Daya Air pada BMPSDA Kabupaten Tangerang menambahkan, normalisasi sungai dan saluran irigasi termasuk penertiban bangunan-bangunan yang berada di atas tanggung-tanggul.

“Kami tidak pandang bulu, semua bangunan yang kami anggap melanggar aturan dibongkar,” terangnya.(zie)

Penulis : Achmad Ramzy

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *