Tiga Orang Warga Tigaraksa Positif DBD

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Jun 2020 11:58 0 629 Ramzy

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Tiga orang warga Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang dikabarkan menderita penyakit demam berdarah dengue (DBD). Satu orang warga perumahan Sudirman Indah dan dua orang warga perumahan Sodong Village.

Ketua RT 04/06 Perum Sodong Village, Desa Sodong Saeful Bahri, membenarkan bahwa terdapat dua orang warganya yang diketahui menderita DBD. Dua orang tersebut antara lain berjenis kelamin laki-laki berusia 40 tahun dan perempuan berusia 30 tahun.

“Sekarang pasien laki-laki masih dirawat di RS Metro Hospital Cikupa dan pasien perempuan kini sudah pulang,” ujarnya Jumat, 26 Juni 2020.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg. Eko Hartati mengatakan, selain informasi di Perum Sodong Village, satu orang warga di Perumahan Sudirman Indah juga dikabarkan tejangkit DBD. Pasien saat ini masih dirawat dan genangan air di lingkungan setempat sudah diberikan cairan abate.

“Fogging belum dilakukan, karena surat permohonan fogging masih diajukan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Menurutnya, terjangkitnya DBD pada wabah tersebut disebabkan lantaran terdapat bak sampah yang di dalamnya ada genangan air. Lokasinya pun tak jauh alias di sekitar rumah pasien.

“Kemarin kondisinya usai hujan dan korbannya orang dewasa, saat ini sudah dirawat di rumah sakit sejak satu minggu yang lalu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, upaya pencegahan yang dilakukan oleh kader jumantik yang berada di Puskesmas Tigaraksa cukup tersendat, lantaran bersamaan berlangsungnya wabah covid-19. Sehingga, kata dia, dalam aksinya mereka tidak terlalu aktif di masyarakat.

“Paling kalau kemaren ada yang positif DBD, kader jumantik langsung bergerak dan membantu. Sebelum ada Corona mereka aktif, tapi sejak ada Corona mereka biasa on call kepada RT setempat,” terangnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

LAINNYA