SIM-RS: Hadiah HUT Kabupaten Tangerang dari Bjb dan RSPH

Redaksi
12 Okt 2020 22:53
3 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Di usianya yang ke-388 tahun Pemkab Tangerang mendapat hadiah dari Bank Pembangunan Jabar Banten (Bjb) Cabang Balaraja pada Senin (12 Oktober 2020), yakni aplikasi Bjb Hospital Payment and Execellent Service (Hope). Aplikasi ini hasil kerjasama dengan Rumah Sakit Pakuhaji (RSPH) yang merupakan fasilitas kesehatan milik pemerintah. Hope ini merupakan bagian dari sistem informasi manajeman rumah sakit (SIM-RS) yang dapat mengetahui besar pendapatan rumah sakit secara langsung, termasuk memudahkan pasien melakukan pembayaran.
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, peluncuran aplikasi Hope merupakan yang pertama di Banten. Menurutnya, sistem ini mempermudah pembayaran dan penerimaan rumah sakit, termasuk memudahkan kontrol ketersediaan obat dan peralatan medis.
Zaki menjelaskan, aplikasi Hope memudahkan warga dalam melakukan pembayaran secara nontunai dan ia berharap di masa mendatang makin banyak inovasi baik yang dilakukan pemerintah maupun Bank Bjb untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.
“Program Bjb Hope yang pertama di Banten dilakukan di RSUD Pakuhaji dan ini salah satu hadiah dari Bjb untuk ulang tahun Kabupaten Tangerang. Kami pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas kerjasama Bank Bjb. Semoga, ke depan makin banyak inovasi dan terobosan,” papar Zaki di Gedung Setda Kabupaten Tangerang, Senin (12/10/2020).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyied menilai sistem Hope memberikan kemudahan, baik dalam metode pembayaran maupun pelayanan kesehatan. Menurutnya, sistem ini bisa meningkatkan mutu dari sisi tata kelola untuk meningkatkan pelayanan nonmedis secara cepat, mudah dan tepat.
“Masyarakat yang datang akan langsung dihadapkan pada mesin anjungan pendaftaran mandiri. Selain bisa memilih jenis poliklinik, bisa juga dapat muncul nama dokter yang dituju. Peserta BPJS Kesehatan maupun Jamkesda juga sudah terintegrasi,” papar pria yang akrab disapa Rudi Maesyal ini.
Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan Bank Bjb pusat Isa Anwari mengatakan, aplikasi Hope merupakan salah satu layanan dari Bjb Go Smart City. Aplikasi ini adalah upaya perbankan untuk membantu rumah sakit menjadi lebih profesional dalam pelayanan dan manajemen.
“Layanan pembayaran secara nontunai kami akan host-to-host. Jadi, masyarakat dimudahkan dalam hal transaksi pembayaran untuk rumah sakit. Saat ini sudah terhubung dengan BPJS Kesehatan. Ini merupakan yang pertama kali kita laksanakan di Banten. Kita akan integrasikan nanti dengan pembayaran digital lainnya, seperti Gopay, Ovo, dan lainnya,” pungkasnya.
Direktur RSPH Corah Usman mengatakan, sistem Hope terintegrasi dengan perangkat anjungan pendaftaran mandiri (APM). Menurutnya, perangkat ini memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu lagi mengantre, cukup klik di layar monitor.
“Sistem ini merupakan perangkat prosedur yang akan mempermudah manajemen dengan memberikan informasi ataupun data kepada manajemen dalam mengambil keputusan,” jelasnya.
Ia melanjutkan, ke depannya sistem ini akan terintegrasi dengan pembayaran digital lain agar lebih terintegrasi dengan baik dan lebih lengkap. (Ris/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan