Dukung UMKM, Alfacart.com dan Alfatrex Ajak Ibu-ibu “Go Online”

  • Whatsapp

TANGERANG; SBN — Alfacart.com, perusahaan e-dagang milik Alfamart bekerja sama dengan Alfatrex, perusahaan logistik, anak usaha baru perusahaan ritel tersebut, mengajak komunitas ibu-ibu rumah tangga di wilayah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang untuk mengoptimalkan usaha mereka secara online. Untuk mendukung hal tersebut, Alfacart.com dan Alfatrex menyelenggarakan acara Workshop Online Business di Kantor Alfamart Cabang Balaraja, Jumat (14/9/2018).

Acara ini merupakan kelanjutan dari rangkaian pelatihan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Alfamart kepada ibu-ibu di wilayah tersebut.
Mereka diajarkan untuk memanfaatkan barang-barang di sekitar yang sudah tidak terpakai sebagai produk baru yang berdaya guna dan berdaya jual.

Viendra Primadia, Head Business Alfacart.com mengatakan, setelah produksi, tahap selanjutnya adalah menjual. Bagaimana cara menjual produk tersebut, sehingga hasilnya dapat menjadi penghasilan tambahan bagi ibu-ibu di wilayah tersebut.
” Ini adalah tujuan utama dari kegiatan workshop hari ini,” ucapnya.

Viendra menambahkan,
Kegiatan yang selenggarakan ini pun selaras dengan dukungan pihaknya terhadap upaya pemerintah mendorong UMKM Indonesia untuk berjualan secara online.

Dikutip dari Tribunnews.com (25/04), berdasarka data dari Direktur Lembaga Layanan Pemasaran dan UMKM Kemenkop, Emilia Suhemi, saat ini baru ada 3,97 juta UMKM dari total 60 juta yang menjajakan barang dagangannya secara online. Padahal dengan mengembangkan penjualan online, pelaku UMKM terbantu dari sisi pemasukan, branding produk, skala pasar serta daya saing.

Merujuk dari data tersebut, Alfacart.com memberikan pembekalan kepada ibu-ibu di Balaraja cara mem-branding produk mereka sehingga memiliki daya jual yang lebih tinggi, memberi kiat-kita berjualan secara online, mulai dari teknik pengambilan foto produk yang mudah, hanya dengan alat buatan sederhana dan kamera handphone, hingga penulisan deskripsi produk yang informatif dan menarik.

“Jika menjual secara offline cakupan penjualannya sebatas RT dan kelurahan saja, dengan menjual secara online, peluang UMKM untuk memasarkan produknya akan semakin besar dan luas, sehingga dapat mencakup wilayah luar kota, provinsi bahkan ke luar negeri.” ungkap Viendra.

Tidak berhenti disitu, dalam kegiatan tersebut Alfatrex juga memberikan pembekalan mengenai cara pengemasan yang baik dan alur pengiriman pesanan online, serta kemudahan pengiriman melalui Alfatrex.

“Cara pengemasan yang baik, kemudian pemenuhan pengiriman yang cepat, tepat waktu dan kondisi produk yang tetap terjaga baik hingga di tangan konsumen adalah beberapa faktor utama yang menentukan kepuasan pelanggan dalam bisnis online. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh pelaku usaha UMKM,” ujar Amelia Angelica selaku Business Head Alfatrex.

Alfatrex sebagai satu-satunya perusahaan logistik yang terhubungan dengan hampir 14.000 jaringan toko Alfamart se-Indonesia, siap membantu pelaku UMKM dengan memberikan kemudahan yakni empat cara pengiriman barang yang hanya dimiliki oleh Alfatrex, yaitu door to door, door to store, store to door dan store to store.

“Hingga akhir bulan Oktober 2018, Alfatrex siap memberikan gratis ongkos kirim bagi UMKM yang berjualan online di ecommerce rekanan kami. Tujuannya, kami memberikan kesempatan bagi UMKM untuk lebih dulu fokus pada menstabilkan produksi dan usahanya,” ucapnya.(sah/raf)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *