TBM Mekar Baru Jadi Jawara Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

Ramzy
4 Mei 2019 10:14
2 menit membaca

BANTEN (SBN)-, Taman Baca Masyarakat (TBM) atau Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru menyabet juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Banten tahun 2019. TBM yang berada di Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar, Kabupaten Tangerang itu pun akan mewakili Provinsi Banten untuk lomba serupa tingkat nasional.

Keberhasilan itu diraih setelah mendapat nilai tertinggi dari perwakilan 7 kabupaten/kota lain di Provinsi Banten. Penghargaan diserahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Banten Ajak Moeslim di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DPK Provinsi Banten, Jumat (3/5/19).

Ajak menjelaskan, penilaian lomba dilakukan tim dewan juri yang independen. Penilaian, kata dia, dilakukan dengan meneliti perpustakaan lewat kroscek lapangan secara langsung.

“Sehingga semua hal yang dinilai memang benar adanya. Sedangkan unsur penilaian diantaranya bagaimana perpusdes/kelurahan bisa berperan sebagai pusat kegiatan masyarakat,” ucap Ajak.

Kepala Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru A’ang Junaedi mengungkapkan, instrumen penilaian pengelolaan perpustakaan meliputi administrasi, sarana tempat, dan kelengkapan buku yang dimiliki perpustakaan.

Selain itu, ujar dia, dewan juri menilai sarana penunjang dan jaringan kerjasama yang dibangun dengan pihak eksternal.

“Kita sudah bekerja sama dengan KOK Mekar Baru, PAC GP Ansor Kecamatan Mekar Baru, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kecamatan Mekar Baru, Forum Silaturahmi Pemuda Kecamatan Mekar Baru, MKB Photografy Production,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Mekar Baru Suhada mengatakan, perpustakaan Desa Mekar Baru sudah menjadi fondasi bagi terselenggaranya kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Mekar Baru.

Setiap Kegiatan kemasyarakatan yang diadakan, kader dan pengelola perpustakaan desa Mekar Baru yang ambil bagian utama dalam kegiatan tersebut.

“Keberhasilan lomba di tingkat Provinsi Banten menjadi motivasi untuk lebih baik lagi terutama dalam menarik minat baca yang masih kurang,” tukasnya. (don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan