Bersihkan Sungai Cikupa, Camat Majasari Imbau Warga Jaga Kebersihan

  • Whatsapp
PWI-KAB

PANDEGLANG – Puluhan masyarakat dibantu petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang, bersama unsur Pemerintah Kecamatan Majasari, Babinsa, dan Babinkamtibmas setempat melakukan aksi bersih-bersih sungai Cikupa di Kampung Ciekek Babakan Karaton, Kelurahan Karaton, Kecamatan Majasari, Minggu (7/10/2018).

Aksi bersih-bersih itu dilakukan untuk menciptakan aliran sungai Cikupa yang bersih dan terbebas dari tumpukan sampah serta mengedukasi masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Berdasarkan keterangan warga, sampah yang menggunung sudah ada sekitar 10 tahun terakhir. Diduga sampah dibuang oleh warga sekitar dan warga yang melintas.

Ketua RT 02, Rosid yang ikut dalam kerja bakti mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kelurahan, kecamatan hingga DLH untuk menangani sampah tersebut.

Menurutnya, untuk solusi jangka pendek, selain mengangkut sampah dan juga akan dibuatkan pagar atau jaring di sekitar pinggiran Sungai Cikupa serta dibangun Pos Ronda.

“Penanganan sampah ini butuh kerjasama semua pihak dan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kita bersihkan sampah meski belum total. Kedepan kita usulkan bronjong sambil sampah terus dibersihkan,” ungkap Rosid.

Sementara warga setempat, Ari Supriadi menyarankan, pemerintah daerah memfasilitasi warganya untuk membuat bank sampah di tiap RW. Kemudian untuk sungai Cikupa, kedepannya bisa ditata dengan dijadikan taman bermain warga yang bersifat edukatif.

“Akhir tahun 2016 lalu kan pemerintah daerah sudah studi banding ke Bandung dan melihat Sungai Cikapundung yang ditata sedemikian rupa. Sungai Cikapundung kini menjadi destinasi wisata dan ada nilai edukasinya, saya kira hasil studi banding itu sudah waktunya diterapkan di Sungai Cikupa,” pungkas Ari.

Di tempat yang sama, Camat Majasari, Neneng Nuraeni mengimbau, masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, termasuk di Sungai Cikupa.

Ia menambahkan, persoalan sampah di sungai Cikupa ini akan terus disampaikan dalam rapat-rapat koordinasi.

“Nanti itu akan saya sampaikan dalam rapat koordinasi, rapat pembinaan RT/RW, supaya RT/RW membina warganya agar tidak membuang sampah ke Sungai Cikupa lagi,” tuturnya.

Bahkan, pihaknya juga tidak hanya fokus pada kebersihan sungai Cikupa, melainkan sungai-sungai lainnya yang melintas di Kecamatan Majasari.

“Saya juga akan berkirim surat lagi LH untuk memfasilitasi pembersihan Sungai Cikupa, karena itu (sampah) sudah bertahun-tahun masyarakat buang sampah di situ. Karena itu pinggir jalan, kita akan usulkan pembangunan TPT (Tembok Penahan Tebing) agar tidak longsor,” tandasnya. (Rat/Zie)

Wartawan

BANK BANTEN

Related posts

PWI-KAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *