banner 468x60 banner 468x60

PAKADES, Strategi Racikan Dindik Kabupaten Tangerang untuk Tuntaskan Masyarakat Putus Sekolah

Redaksi
18 Des 2023 10:45
2 menit membaca

Suarabantennews.com | Pendidikan,- Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang terus melakukan upaya untuk menuntaskan angka putus sekolah di Kabupaten Tangerang. Salah satu cara yang dirumuskan adalah dengan membangun kolaborasi dengan pemerintah desa guna menyusun program percepatan guna menuntaskan masyarakat putus sekolah. Program itu adalah PAKADES, akronim dari Program Pendidikan Kesetaraan Tingkat Desa.

“Program PAKADES ini dijalankan dengan membangun kerja sama dengan pemerintah desa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dadan Gandana, Jumat (15/12/2023).

Photo : istimewa

Dadan mengatakan, angka putus sekolah di Kabupaten Tangerang diperoleh dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan. Namun, lanjut Dadan, data itu masih harus diverifikasi.

“Dari gambaran data itu, maka diperlukan upaya kolaborasi penuntasan angka putus sekolah dengan melibatkan stakeholder terkait kesempatan menuntaskan dan melanjutkan pendidikan formal 12 tahun yaitu pemerintah desa,” papar Dadan.

Bentuk konkret Program PAKADES adalah penyelenggaraan pendidikan formal atau informal yakni program kesetaraan ijazah Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP/Mts), dan Paket C (setara SMA/MA). Nantinya, masyarakat putus sekolah akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti pendidikan di program itu.

“Melalui Program PAKADES, diharapkan tercipta percepatan penuntasan masyarakat putus sekolah sehingga bisa menaikkan taraf pendidikan terutama bagi masyarakat yang masuk kategori kemiskinan ekstrem,” terang Dadan.

“Serta melalui Program PAKADES, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Dadan menambahkan.

Dadan menyampaikan, Program PAKADES membawa banyak manfaat bagi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa. Sebab, akan mempercepat upaya penuntasan masyarakat putus sekolah.

Program PAKADES ini pun dinilai akan sangat efektif karena dalam pelaksanaannya, melibatkan peran aktif pemerintah desa yang merupakan ujung tombak pemerintahan, yang saban hari bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Tidak hanya itu, melalui Program PAKADES, pemerintah desa juga turut melaksanakan amanat Konstitusi yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Juga, pemerintah desa telah melaksanakan program pelayanan dasar masyarakat dalam bidang pendidikan.

“Program PAKADES adalah program kolaboratif yang dilaksanakan secara bersama-sama, utamanya oleh pemerintah desa,” terang Dadan.

Tidak hanya itu, Program PAKADES juga merupakan upaya pembangunan di bidang sumber daya manusia. Sehingga pemerintah desa tidak hanya fokus membangun infrastruktur fisik. Tapi juga infrastruktur terbaik, yakni membangun kecerdasan di desa.

“Dengan program ini, pemerintah desa telah membangun infrastruktur yang tak kalah penting, yaitu kecerdasan. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf kecerdasan, taraf hidup, dan menghidupkan iklim demokratisasi di desa,” pungkasnya.(ADV)