banner 468x60 banner 468x60

Jalin Kolaborasi, Konsep Smart City Kota Tangerang Siap Direplikasi di Jayapura

Redaksi
31 Jan 2024 09:10
2 menit membaca

Suarabantennews.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali dipilih menjadi mitra kolaborasi dalam mengembangkan konsep smart city di berbagai daerah kabupaten/kota di Indonesia. Terkini, Pemkot Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang bersama Diskominfo Kota Jayapura baru saja menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam bentuk replikasi Super Apps Tangerang LIVE di Kota Jayapura.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti menuturkan, Pemkot Tangerang melalui PKS tersebut mendapatkan kewenangan untuk membantu pengembangan smart city di Kota Jayapura. Lewatnya, Pemkot Tangerang akan memberikan pendampingan serta menyiapkan pengembangan infrastruktur dalam melakukan instalasi replikasi aplikasi yang dibutuhkan.

Photo : istimewa

“Kami akan membantu pengembangan replikasi aplikasi yang dibutuhkan oleh Pemkot Jayapura. Seperti, memberikan akses pemograman aplikasi sampai peningkatan kualitas SDM yang akan ditugaskan untuk mengembangkan sistem aplikasi yang serupa di Kota Jayapura,” ujar Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti, Rabu, (31/1/24).

Kepala Diskominfo Kota Jayapura, Binton Nainggolan menambahkan, konsep smart city di Kota Tangerang, khususnya Super Apps Tangerang LIVE, akan menjadi “role model” yang akan dikembangkan. Lanjutnya, Pemkot Jayapura akan mereplikasi berbagai fitur unggulan yang tersedia di Super Apps Tangerang LIVE, seperti aplikasi Tangerang LIVE, Portal e-GOV, SIGAP, LAKSA Operator, PANGKAS, dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

“Kami merasa sangat terbantu dan mampu belajar banyak terkait implementasi smart city di sini. Nantinya, kami akan mereplikasi sistem yang ada di sini untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas pelayanan publik melalui digitalisasi sistem pelayanan yang telah dicontohkan Pemkot Tangerang selama ini,” tambah Kepala Diskominfo Kota Jayapura, Binton Nainggolan.

Selain itu, PKS tersebut dinilai mampu mendorong transformasi pelayanan publik di Kota Jayapura secara signifikan. Oleh karenanya, PKS tersebut ditargetkan dapat mulai direalisasikan dalam waktu dekat ini.

“Tidak hanya semata replikasi, PKS tersebut juga dioptimalkan untuk meningkatkan sumber daya manusia agar mampu mengatasi keterbatasan dalam proses implementasi smart city di Kota Jayapura,” pungkasnya.(ADV)