Tracing Covid-19, BIN Lakukan Rapid dan Swab Test Massal di Cibodas, Tangerang

Joe
15 Jul 2020 16:57
1 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Badan Intelejen Negara (BIN) Republik Indonesia menggelar kegiatan tes cepat (rapid test) dan tes swab (swab test) di halaman Masjid Ar-Royyan, Cibodas, Kota Tangerang. Rabu, 15 Juli 2020.

Brigjen TNI Irwan Mulyana selaku Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BIN menerangkan, kegiatan ini merupakan kegiatan proaktif dari BIN untuk menyisir wilayah yang menjadi titik episentrum.

“Kita sudah lakukan kegiatan ini, baik di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” katanya.

Meski demikian, dia menilai kegiatan yang dilaksanakan ini tidak ada artinya jika masyarakat tidak disiplin untuk mengikuti anjuran dari pemerintah.

Dia menambahkan, pada kegiatan ini dikerahkan 40 tenaga medis dan 2 unit covid-19 mobile laboratory yang diharapkan dapat mempercepat proses pemeriksaan tes cepat dan tes swab. Dengan demikian, jika ada yang reaktif, bisa langsung dilakukan tindakan tes swab  dengan metode PCR.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah manambahkan, kegiatan ini adalah bentuk komiten Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

“Semoga dengan dukungan pemeriksaan berupa 500 alat tes cepat dan dua unit mobile laboratory yang mampu melakukan tes swab hingga 300 sampel tracing dapat dilakukan lebih masif,” kata Arief. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan