PWI Kabupaten Tangerang Gandeng DLHK Tanam Mangrove

Ramzy
19 Feb 2024 23:00
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG; Suarabantennews.com – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang melakukan penanaman mangrove dan pelepasan kepiting belangkas, di Ketapang Urban Aquaculture, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan ini digelar dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang dan sejumlah mitra karib PWI Kabupaten Tangerang, pada Senin, 19 Februari 2024.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sri Mulyo mengatakan, kegiatan kali ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian PWI terhadap lingkungan, terutama ekosistem di pesisir Tangerang.

“Kenapa kami berpikir untuk menanam pohon mangrove dan melepas benih belangkas di HPN 2024 ini, karena mangrove sangat penting untuk menjaga ekosistem dan mencegah abrasi. Kami juga ingin mengajak teman-teman jurnalis untuk peduli terhadap lingkungan,” kata Mulyo.

Lebih jauh Mulyo menjelaskan, HPN yang diselenggarakan tiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan hari ulang tahun PWI.

Menurutnya, pers nasional mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Untuk itu, PWI Kabupaten Tangerang memaknai HPN 2024 dengan berbagai kegiatan sosial seperti Tasyakuran, Tali Asih, Santunan Anak Yatim, serta penanaman mangrove, dan melepas kepiting belangkas.

“Perayaan HPN 2024 sendiri akan dilaksanakan di Ancol, Jakarta Utara, dan Kami sudah memulai kegiatannya pada tanggal 9 Februari 2024 dan hari ini, pertanda semangat kami sebagai insan media yang cinta terhadap lingkungan,” ujarnya.

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengucapkan terima kasih kepada PWI Kabupaten Tangerang yang mau peduli terhadap lingkungan dengan menanam mangrove dan melepas kepiting belangkas ke alam liar.

Menurutnya, penanaman pohon mangrove dapat mencegah abrasi yang makin meluas di pesisir Tangerang. Sementara kepiting belangkas akan menjaga ekosistem perairan.

“Terima kasih kepada teman-teman media, ini merupakan kebanggaan bagi kami. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat baik buat lingkungan maupun buat masyarakat,” ucap Fachrul Rozi.(zie)