banner 468x60 banner 468x60

Rayakan HUT ke-8, YNCI Gandeng RSUD Kota Tangerang Gelar Penyuluhan Hipertensi

Ramzy
10 Des 2023 14:39
2 menit membaca

KOTA TANGERANG;Suarabantennews.com – Anniversary Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI) Chapter Tangerang ke-8, RSUD Kota Tangerang lakukan penyuluhan dan edukasi Hipertensi di Stadion Benteng Reborn.

Dalam kegiatan komunitas rider ini, RSUD Kota Tangerang turut serta memberikan wawaran kesehatan terhadap para bikers agar dapat selalu menjaga kondisi kesehatan saat melakukan perjalanan jauh (touring).

“Hari ini kami (RSUD Kota Tangerang- Red) mengisi acara di YNCI Chapter Tangerang yang ke-8, dalam kegiatan tersebut kami memberikan penyuluhan kesehatan, yaitu salah satunya yang kita ambil adalah kasus yang paling banyak atau sering terjadi, jadi kami ambil temanya hipertensi,” kata Dr. Puja Ratnasari, Ketua Komite Promosi Kesehatan RSUD Kota Tangerang di Lokasi, kepada Wartawan, Sabtu 9 Desember 2023.

Menurut Dr. Puja, sosialisasi terkait hipertensi sangat penting mengingat adanya resiko yang ditimbulkan saat berkendara.

“Yang kami edukasi sendiri seperti, pengertiannya hipertensi, penyebabnya, faktor- faktornya, resiko, dan gejala dari hipertensi, sekaligus juga untuk pencegahan dan penanganannya tadi sudah kami sampaikan,” tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan banyaknya kasus hipertensi yang terjadi di masyarakat, maka dari itu pentingnya melakukan pencegahan dengan cara cek kesehatan dengan cara berkala, serta melakukan aktifitas.

“Nah, nanti kalau hasil hipertensinya normal itu juga ada tuh jangka waktunya bisa lah satu atau dua tahun di ulang, bagi yang belum hipertensi harus lakukan Cerdik yaitu, pengecekan berkala, hidari dan berhenti merokok, rajin beraktivitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup, kelola stres, dan untuk beraktivitas fisiknya juga ada aturannya yaitu harus melakukan secara teratur dan terus menerus walaupun cukup hanya dengan 30 menit sehari,” jelasnya.

Kendati itu, RSUD Kota Tangerang akan terus bekerjasama dan sangat berperan aktif di setiap kegiatan baik di setiap event masyarakat, komunitas, maupun lainnya, dengan melakukan penyuluhan serta cek kesehatan secara gratis.

“Kita sangat antusias ya untuk ikut serta dalam kegiatan kegiatan seperti ini, karena dengan adanya kegiatan seperti ini juga dapat menjadi salah satu pencegahan atau mengurangi stres, kita mengingatkan kepada para bikers atau pengendara yang ingin melakukan touring alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan/ pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, kondisi kita harus vit, jangan sampai nanti tidak tau ada kendala pada kesehatan kita, dan terjadi hal sesuatu,” terangnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut RSUD Kota Tangerang selain melakukan edukasi, Tim RSUD Kota Tangerang juga melakukan promosi promosi dalam pemeriksaan kesehatan kepada komunitas rider YNCI Chapter Tangerang.(zie)