1.868 Pesilat Muda Berlaga di Silat Benteng Cisadane Championship 3

Ramzy
1 Mar 2024 17:21
2 menit membaca

KOTA TANGERANG; Suarabantennews.com — Sebanyak 1.868 pesilat dari Kota Tangerang serta berbagai daerah di Indonesia berlaga di turnamen Silat Benteng Cisadane (SBC) Championship 3.

Kegiatan yang digelar di Mal Bale Kota, Kota Tangerang tersebut Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tangerang dalam rangka memeriahkan HUT ke-31 Kota Tangerang.

Ketua Pelaksana kegiatan Tomy Sugianto mengatakan, SBC Championship 3 ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai Jumat, 1 Maret hingga Minggu, 3 Maret 2024 dengan peserta yang terbagi dalam tiga kelompok yaitu jenjang usia sekolah dasar, sekolah menengah pertama (SMP) dan SLTA.

“Peserta berasal dari 27 perguruan silat yang tergabung dalam IPSI Kota Tangerang dan 77 kontingen dari berbagai wilayah di Indonesia,” ujarnya kepada wartawan di lokasi kegiatan, Jumat, 1 Maret 2024.

SBC Championship, lanjutnya, merupakan agenda rutin IPSI Kota Tangerang. Perhelatan pada tahun 2024 ini adalah yang ketiga kalinya.

“Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, untuk hari ini pertandingan tingkat SMP, besok tingkat SMA, dan hari Minggu tingkat SD,” imbuhnya.

Tomy menerangkan, SBC Championship menjadi program unggulan IPSI Kota Tangerang dalam menjaring atlet-atlet muda yang dipersiapkan untuk berlaga pada berbagai kejuaraan lainnya, seperti pekan olahraga tingkah provinsi (Porprov) Banten.

“Prestasi IPSI Kota Tangerang yaitu sudah tiga kali juara Porprov Banten. Kemudian atlet-atlet silat Kota Tangerang juga mewakili Banten di Pra PON dan PON 2024 yang akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh,” terangnya.

Juara umum pertama pada turnamen ini akan memboyong piala bergilir Wali Kota Tangerang dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp9 juta dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang. Kemudian juara umum kedua akan mendapatkan piala tetap Dispora Kota Tangerang beserta uang pembinaan sebesar Rp6,5 juta. Selanjutnya untuk juara umum ketiga mendapatkan piala tetap dari panitia dan uang pembinaan sebesar Rp4,5 juta.(zie)