Asik! Kabupaten Tangerang Punya Perpustakaan Digital

Ramzy
13 Des 2018 18:24
2 menit membaca

TANGERANG – Seiring dengan datangnya era digitalisasi dan memenuhi tren kebutuhan kalangan milineal, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang mengembangkan inovasinya dengan membuka Perpustakaan Digital.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang meluncurkan sebuah aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial bernama iTangKab.

Perpustakaan Digital tersebut dilaunching di GSG Tigaraksa, Kamis (13/12/2018).

Plh Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang R Asep Musa Permana, perpustakaan digital ini untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

”Kemudahan digitalisasi ini, memangkas jarak dan ruang serta waktu bagi masyarakat yang akan mendatangi perpustakaan, untuk membaca buku,” paparnya.

Menurutnya, jika jarak serta akses transportasi yang menjadi kendala masyarakat untuk datang ke perpustakaan, maka digitalisasi adalah solusinya.

“Perkembangan zaman ini kita gunakan sebagai pelayanan, dan kita terus berupaya memfasilitasi akan kebutuhan masyarakat satu diantaranya dengan digitalisasi perpustakaan”, terangnya.

Asep menambahkan, perpustakaan digital ini bisa diakses dengan menggunakan Android atau telpon pintar maupun personal komputer.

“Cukup dengan mendownload i Tangkab melalui App Store, kita bisa berada didalam perpustakaan digital dan bebas melakukan aktifitas membaca koleksi buku,” tuturnya.

Sementara itu, Maman Suherman pegiat literasi buku mengatakan, saat ini ratusan juta pengguna telpon pintar masih terjebak dalam aktifitas media sosial yang hanya sibuk dengan berchatting ria semata.

“Perpustakaan digital ini tidak semata-mata sebagai ajang untuk menghabiskan kuota pulsa penggunanya, namun lebih dari itu, didalam perpustakaan digital kita juga bisa menjadi penulis dan produsen buku yang bisa menghasilkan rupiah,” ungkapnya.

Mantan Pimred Kompas ini mengakui, budaya baca atau Iqra akan mengantarkan si pembacanya sebagai manusia yang unggul dalam berbagai bidang karena memiliki pengetahuan serta ilmu yang mapan.

“Dengan membaca, kita bisa lebih tahu dan apa yang menjadi kebutuhan pangsa pasar, digitalisasi perpustakaan juga bisa mengantarkan kita sebagai pengusaha tanpa sadar, karena ketika kita kreatif memanfaatkan internet maka rupiah akan mengalir dengan sendirinya ke dalam rekening kita, termasuk dalam I Tangkab ini”, papar Maman.

Launching perpustakaan digital sendiri dihadiri ratusan siswa beserta tenaga pengajar, pegiat taman bacaan serta pegiat literasi di Kabupaten Tangerang.(zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan