Hari Batik Nasional, Puluhan Mahasiswa STIE Surakarta Berlatih Membatik

  • Whatsapp
PWI-KAB

Solo – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta menggelar kegiatan pelatihan membuat batik. Pelatihan yang diikuti 52 mahasiswa ini dilaksanakan di gedung aula STIE AUBSurakarta, Selasa (2/10/2018).

Kegiatan tersebut Dalam rangka menyongsong Hari Batik Nasional. Mereka membatik, dengan menggunakan alat batik, seperti chanting dan malam dengan kain yang dibentangkan sebagai media membantik. Selain itu, mereka juga belajar membatik dengan menggunakan metode printing.

Metodi batik printing sediria adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang teknis pembuatannya melalui proses sablon manual (seperti pembuatan spanduk / kaos), atau printing mesin pabrik.

Selaku pelatih Dina Riana yang juga Dosen Kewirausahaan STIE AUB Surakarta mengungkapkan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya. Hal ini juga untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, yakni batik.

“Sebagai generasi penerus bangsa, para mahasiswa ini sengaja kami ajak untuk mengenal batik dan cara pembuatannya, karena batik adalah hasil kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh Dunia,” kata Dina, Selasa (2/10/2018).

Ia mengatakan, bahwa pihak kampus selalu merespon kegiatan yang positif untuk pergelaran event nasional yang selalu diadakan pemerintah.

Menurutnya, mahasiswa perlu diberi diberi suasana lain di kampus agar menambah pengalaman dalam suasana ceria.

“Batik yang sudah diakui dunia melalui Unesco keberadaannya patut dilestarikan oleh insan mahasiswa. Sesusai program kewirausaha dan bisnis. Workshop sehari para mahasiswa dipelajari cara melukis batik mewarna dan menyelup batik,” ungkapnya.

Ia mengaku, bahwa batik painting celup yang memiliki corak kontenporer masih digemari hingga saat ini. (Sri/Zie)

Wartawan

BANK BANTEN

Related posts

PWI-KAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *