Meski Vaksin Virus Corona Belum Ditemukan, Warga Diminta Tidak Panik dan Tetap Waspada

Joe
5 Mar 2020 19:13
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang tepat untuk mencegah dan mengobati virus corona atau Covid-19. Meski demikian, seluruh warga Kabupaten Tangerang diminta agar waspada namun jangan panik. Demikian disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang drg. Nanik Isnaeni saat Rakor Forkopimda di Pendopo Bupati Tangerang, Jl. Kisamaun, Kota Tangerang, Kamis, 5 Maret 2020.

Menurutnya, diagnosis awal orang yang terjangkit virus corona adalah adanya demam dengan suhu lebih atau sama dengan 38 derajat Celsius, munculnya batuk dan pilek disertai nyeri tenggorokan, nyeri kepala, nyeri otot, lemas, dan batuk darah bahkan diare.

“Pasien yang dalam pemantauan tidak memiliki keluhan gejala pneumonia, tapi mereka ada riwayat bepergian ke daerah yang terjangkit wabah,” ujarnya.

Selain berpergian ke daerah terjangkit wabah corona dan kontak dengan penderita, kontak dengan hewan yang menyebabkan virus corona pun bisa menjadi dugaan kuat bahwa orang tersebut terjangkit virus corona.

“Saat ini di Kabupaten Tangerang tidak ada yang positif corona dan tidak ada juga yang dirawat di RSU Tangerang karena corona,” kata Nanik.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan masyarakat agar tidak panik dan jangan resah menghadapi permasalahan virus corona ini. Waspada itu harus, tapi tetap tenang. Warga diminta agar hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan dengan sabun, dan makan makanan yang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desirian Dinardiyanti mengatakan karakteristik virus corona ini adalah sangat senang dengan suhu dingin, yaitu pada suhu 20 derajat Celcius dengan kelembapan tidak lebih dari 40%.

“Suhu ini sama dengan udara Cina, Korea, dan Jepang, tetapi tidak sesuai dengan iklim Indonesia yang tropis sehingga kita jangan panik,” tutur Desi. (Restu/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan