Dompet Dhuafa Adakan Berbagai Lomba dan Cukur Gratis untuk ODGJ

Ramzy
1 Apr 2019 10:30
2 menit membaca

Pasien ODGJ mengikuti lomba mencukur.

SERANG – Bertempat di Yayasan Bani Syifa, Cikeusal, Serang, sebanyak 150 pasien Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ) mengikuti lomba-lomba dan cukur gratis pada Kamis (28/3/2019).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dompet Dhuafa, berbagai lomba seperti lomba adzan, lomba ceramah, lomba hafalan surat pendek diikuti oleh pasien ODGJ yang sudah mencapai kesembuhan diatas 60 persen.

Kepala Layanan Masyarakat Dompet Dhuafa Hendra Setia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Dompet Dhuafa untuk para pasien yang mayoritas masih tersisih dari kehidupan masyarakat umum. Kebanyakan pasien ODGJ berasal dari keluarga dhuafa, bahkan ada beberapa yang sengaja ditelantarkan oleh keluarganya sendiri.

“Kegiatan ini karena sikap rasa kepedulian kami terhadap para pasien ODGJ yang mayoritas mereka adalah berasal dari keluarga dhuafa, sebagian juga ditelantarkan oleh keluarga. Ini (lomba-lomba), karena mereka merasa jenuh, oleh karena itu kita coba inovasi agar mereka bisa lebih segar dan senang. Lomba-lomba juga sangat sederhana, dan mereka sangat antusias,” kata Hendra.

Walau masih dalam kondisi mental yang belum stabil, lanjut Hendra, namun para peserta terlihat antusias. Beberapa peserta terlihat fasih saat mengumandangkan adzan, sebagian fasih dalam berceramah, dan bahkan banyak diantaranya yang hafal surat pendek dengan tartil dan nada yang indah.

Selain itu, peserta juga diberikan fasilitas cukur rambut gratis. Mengingat tidak adanya fasilitas bercukur di yayasan tersebut. Rambut gatal sering menjadi keluhan kebanyakan pasien disana.

“Kami juga sekaligus mengadakan cukur rambut gratis, mengingat kurangnya akses bagi pasien untuk mendapatkan perawatan rambut,” tuturnya.

Pihak Yayasan Bani Syifa sendiri mengapresiasi kegiatan tersebut. Dengan kegiatan lomba dan cukur rambut dinilai dapat sangat membantu dan menyegarkan suasana yayasan.

“Alhamdulillah, terimakasih kami sampaikan kepada Dompet Dhuafa yang telah ikut peduli terhadap yayasan kami. Semoga kegiatan ini tidak hanya berlangsung kali ini saja, melainkan juga di masa mendatang,” terang Syahrudin selaku Kepala Yayasan Bani Syifa.

Selain cukur rambut dan lomba-lomba, Dompet Dhuafa juga menyediakan Dapur Keliling (Darling), untuk menyediakan makan siang sejumlah 250 porsi.(zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan