Beranda CILEGON Uji Coba Tungsura Digelar KPUD Cilegon

Uji Coba Tungsura Digelar KPUD Cilegon

0
BERBAGI

CILEGON (SBN) — KPUD Cilegon menggelar simulasi pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara (tungsura) di taman Kecamatan Cilegon, samping Kejaksaan Negeri, Sabtu (21 November 2020).

Eli Jumaeli, Komisioner KPUD Cilegon mengatakan simulasi pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara itu digelar secara serempak di hari yang sama oleh KPU kabupaten/kota se-Indonesia.

Kegiatan tersebut, lanjut Eli, berdasarkan surat dari KPU RI dalam rangka memberikan pendidikan kepada masyarakat secara umum dan khususnya bagi penyelenggara pemilu (PPK, PPS, dan KPPS).

“Kegiatan ini akan memberikan gambaran pelaksanaan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara yang dilakukan dalam kondisi bencana nonalam (Covid-19) agar pemilihan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Affandi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon mengatakan Pemerintah Kota Cilegon berharap pemilihan kepala daerah yang akan dilakukan dalam waktu dekat dapat berjalan aman dan lancar serta terbebas dari klaster baru Covid-19.

Selain itu, sambung Affandi, hal itu juga untuk mendorong agar partisipasi masyarakat tetap tinggi dalam pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mengingat hal tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah.

“Kita (Pemerintah) ingin memastikan bahwa pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara aman dari Covid-19 dan tidak melahirkan klaster baru dan kita tetap mendorong agar patisipasi masyarakat tetap tinggi,” tutupnya.

Suasana pelaksanaan tungsura tampak tertib dan berjalan lancar sehingga diharapkan dapat memberikan rasa optimis bagi penyelenggara pemilhan (KPU) nanti. (Wawan/Atm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here