Miris, Ibu di Pakuhaji 30 Tahun Tinggal di Rumah Tak Layak Huni

Redaksi
16 Mei 2023 20:12
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Kondisi rumah Umi (42), warga Kampung Kebon Kelapa RT 02/03, Kelurahan Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, sangat memprihatinkan. Ironisnya hingga saat ini, belum ada bantuan yang diperoleh untuk perbaikan rumah yang ditempatinya selama 30 tahun terakhir ini.

Rumah yang memiliki ukuran tidak begitu luas itu masih beralas tanah dan beratap genteng yang terlihat sudah lapuk, kondisi itu makin diperparah ketika musim penghujan datang, bocor dan banjir membuatnya harus mengungsi.

“Sudah hampir 30 tahun lebih saya tinggal di rumah ini, dan belum pernah dibangun. Kalau musim hujan juga rumah saya bocor dan banjir dan terpaksa saya harus mengungsi ke rumah adik saya di belakang,” kata Umi sambil mengusap air matanya, Selasa 16 Mei 2023.

Ia mengatakan, saat ini hanya tinggal bersama satu orang anaknya yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) karena suaminya sudah meninggal dunia kurang lebih satu tahun, untuk bertahan hidup sehari-hari ia hanya bekerja sebagai buruh rumah tangga.

“Saya berharap rumah saya bisa dibangun oleh pemerintah biar enakan, dan ada kamar mandi dan WC-nya. Karena saya kalau buang air besar saat ini ke sawah kadang ngerasa takut kalau buang air besar di malam hari apa lagi dalam kondisi hujan,” ungkapnya.

Umi mengaku, pernah ada yang melakukan peninjauan untuk melakukan pembangunan pada rumahnya itu, namun sampai saat ini tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah.

“Kalau yang moto-moto mah udah banyak. Katanya mau diajuin tapi sampai sekarang rumah saya masih begini aja belum dibangun, saya berharap rumah saya bisa segera direnovasi oleh pemerintah biar lebih nyaman,” pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Pakuhaji Suyatno saat di konfirmasi mengatakan pihaknya saat ini memiliki program bedah rumah, kendati demikian ia tidak bisa memastikan rumah warganya itu bisa dibangun tahun 2023.

“Memang kita ada rencana benah rumah sebanyak 19 dari Perkim, tapi nanti di bulan Juli atau bulan apa saya belum tau pasti dan dia termasuk yang dapet atau yang mungkin belum kebagian saya tidak tau,” tandasnya.(Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan