banner 468x60 banner 468x60

Maesyal: Kader Posyandu Adalah Benteng Kesehatan Masyarakat

2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan bahwa kader posyandu merupakan benteng terdepan dalam kesehatan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan saat membuka Capacity Building Forum Pusyandu Se-Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Perpustakaan Puspemkab Tangerang. Selasa, 11/01/2022.

“Kader posyandu menjadi garda terdepan benteng kesehatan masyarakat, yang tersebar di desa/kelurahan seluruh Kabupaten Tangerang,” ungkap Maesyal .

Menurut Maesyal , kader posyandu dalam kegiatannya itu antara lain mengecek kesehatan ibu hamil, memberikan makanan tambahan bagi balita, imunisasi hingga menimbang berat badan bayi, balita dan ibu hamil setiap satu bulan sekali.

“Kader posyandu sebagai pribadi yang bertanggung jawab, berkarakter dan berdisiplin diharapkan mampu memberikan pelayanan secara optimal dan menjadi teladan karena keahlian dalam jiwa pelayanan”, harapnya.

Sekda juga berharap kegiatan posyandu harus terus digalakkan dengan metode yang inovatif dan kreatif, sehingga peran serta masyarakat akan pentingnya kesehatan keluarga akan terus meningkat.

Ketua Forum Kader Posyandu Kabupaten Tangerang Ade Sukaesih menambahkan kegiatan capacity building tersebut diikuti oleh seluruh kader posyandu se-Kabupaten Tangerang dari setiap kecamatan. Lanjut dia, kegiatan tersebut bertujuan agar para kader posyandu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman sikap dan juga prilaku sebagai kader posyandu yang berkarakter.

“Saat ini posyandu di Kabupaten Tangerang sebanyak 2303 posyandu, untuk kader posyandu sendiri ada 11.170 orang yang melayani dan mendeteksi kesehatan masyarakat di setiap desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Banten Muhamad Faizal dari politisi Partai Golkar, perwakikan dari Dinas Kesehatan, DPMPD serta Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan