banner 468x60 banner 468x60

Zaki Bangga Kabupaten Tangerang Ditunjuk sebagai Percontohan SP4N-LAPOR

Joe
25 Mar 2021 16:23
3 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kabupaten Tangerang menjadi salah-satu daerah percontohan SP4N-LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional- Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) bersama dengan 2 Pemerintah Kabupaten lainnya, dan 3 Pemerintah Provinsi di Indonesia.

Hal tersebut dibahas dalam Rapat Koordinasi Penguatan Komitmen Pelaksanaan SP4N-Lapor Di Enam Wilayah Percontohan di Indonesia diantaranya (Provinsi Bali, Sumatera Barat, DIY Yogyakarta, Kab. Tangerang, Kab. Sleman, dan Kab. Badung), acara tersebut digelar secara virtual.

Dalam acara tersebut Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengikuti secara virtual di Ruang Rapat Cituis Lt. 5 Gedung Sekretaris Daerah Kab. Tangerang didamipingi oleh Sekda Moch. Maesyal Rasyid, Inspektur Uyung Mulyardi, Kadis Kominfo Tini Wartini, dan Kabag Organisasi serta perwakilan UNDP, Selasa (23/1/21).

Bupati Zaki mengatakan Kabupaten Tangerang tergabung dalam program SP4N-Lapor selain road map dan juga master plan seluruh regulasi sudah dipenuhi dan juga perencanaan terkait dengan program program tahunan dari SP4N-Lapor sudah berjalan, namun begitu, tetap Pemkab. Tangerang butuh bimbingan dari semuanya untuk menyempurnakan program-program tersebut ke depannya.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan juga rasa bahagia sekaligus bangga, bahwa Kab. Tangerang ditunjuk sebagai salah satu daerah percontohan SP4N-Lapor, Kab. Tangerang butuh bimbingan dan dukungan dari berbagai macam stakeholder dan juga para pemangku kebijakan agar dapat terus meningkatkan kapasitas dan penguatan e-goverment di Kabupaten Tangerang,” Katanya.

Menurutnya semenjak September 2018 hingga hari ini ada 3171 lebih pengaduan yang kami terima baik itu pengaduan terhadap fasilitas sarana prasarana dan pelayanan publik di Kabupaten Tangerang maupun Pemerintah Pusat dan Provinsi yang ada di Kab. Tangerang.

Bupati Zaki Juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur terkait yang telah berperan serta mengawal SP4N-Lapor di Kabupaten Tangerang, Ia juga ucapkan terima kasih kepada semua yang mempercayakan Kabupaten Tangerang menjadi salah satu daerah percontohan untuk program SP4N-Lapor di Indonesia, dan tentu saja Pemkab. Tangerang membutuhkan bimbingan arahan, kritik dan juga saran serta masukan terkait penyempurnaan program SP4N-Lapor.

Presiden Representative UNDP Indonesia, Norimasa Shimomora menjelaskan, SP4N-LAPOR! membantu masyarakat dalam menyampaikan keluhan mereka. Menurutnya, perkembangan platform ini juga bisa menjadi wadah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama terkait pelayanan publik di Indonesia.

“Sistem transparan dari sistem SP4N-Lapor tidak hanya meningkatkan atau menunjukkan pemerintah untuk memastikan bahwa warga negara menikmati layanan dari hak mereka, tetapi memperkuat rasa kesetaraan diantara warga negara dan juga jika kebutuhan mereka ditangani ini dapat meningkatkan kepercayaan warga negara terhadap penyelenggaraan pemerintah,” Ungkapnya yang diterjemahkan oleh penerjemah.

Hal senada diungkapkan oleh Country Director KOICA Indonesia, Jeong Hoe Jin, Ia ingin mengucapkan terima kasih kepada enam kepala daerah yang telah menjadi percontohan di Indonesia berkat komitmennya mereka menjadi daerah percontohan.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang ditunjuk menjadi 6 daerah percontohan, saya sangat antusias melihat kerjasama yang solid dari kita, bekerjasama dengan Kementerian serta otoritas daerah dalam melakukan materialisasi dari sistem lapor tersebut,” Ucapnya. (Mas)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan