Asyiknya Ngabuburit Bermain Meriam Bambu di Desa Cinibung

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Kabupaten Tangerang, Berita Kabupaten Tangerang Terbaru, Berita Kabupaten Tangerang Hari Ini: Asyiknya Ngabuburit Bermain Meriam Bambu di Desa Cinibung

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Banyak cara dilakukan untuk menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa, salah satunya bermain meriam bambu atau lodong seperti yang dilakukan anak-anak Desa Cinibung, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. (4/5/2021)

Suara letupan dari tiga deret meriam bambu saling bersahutan. Terlihat sejumlah anak saling bergantian menyulut meriam yang terbuat dari bilah bambu, tiap kali meriam itu berbunyi kerap disusul oleh suara riang gembiranya anak-anak.

Read More

“Bermain meriam bambu seperti ini sudah menjadi tradisi Desa Cinibung, jadi selain menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadan ini. Kita juga ada segi positifnya mengurangi bermainnya ponsel dan juga meniadakan perang petasan yang sangat berbahaya,” kata Kevin warga Desa Cinibung kepada SuaraBantenNews.

Permainan yang terinspirasi dari meriam ala Portugis ini memang sudah jarang ditemukan di wilayah perkotaan yang padat. Untuk bermain meriam bambu ini memerlukan lahan yang luas nan sepi, pasalnya suara dari meriam bambu ini bisa mengganggu warga sekitar.

“Dengan seiring perkembangan zaman permainan meriam bambu sudah semakin ditinggalkan, diharapkan anak-anak ini ke depannya dapat melestarikan permainan meriam bambu yang sudah menjadi tradisi ini.” Tutupnya. (Irfan)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *