Asyiknya Ngabuburit Bermain Meriam Bambu di Desa Cinibung

1 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Banyak cara dilakukan untuk menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa, salah satunya bermain meriam bambu atau lodong seperti yang dilakukan anak-anak Desa Cinibung, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. (4/5/2021)

Suara letupan dari tiga deret meriam bambu saling bersahutan. Terlihat sejumlah anak saling bergantian menyulut meriam yang terbuat dari bilah bambu, tiap kali meriam itu berbunyi kerap disusul oleh suara riang gembiranya anak-anak.

“Bermain meriam bambu seperti ini sudah menjadi tradisi Desa Cinibung, jadi selain menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadan ini. Kita juga ada segi positifnya mengurangi bermainnya ponsel dan juga meniadakan perang petasan yang sangat berbahaya,” kata Kevin warga Desa Cinibung kepada SuaraBantenNews.

Permainan yang terinspirasi dari meriam ala Portugis ini memang sudah jarang ditemukan di wilayah perkotaan yang padat. Untuk bermain meriam bambu ini memerlukan lahan yang luas nan sepi, pasalnya suara dari meriam bambu ini bisa mengganggu warga sekitar.

“Dengan seiring perkembangan zaman permainan meriam bambu sudah semakin ditinggalkan, diharapkan anak-anak ini ke depannya dapat melestarikan permainan meriam bambu yang sudah menjadi tradisi ini.” Tutupnya. (Irfan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan