Ketum AKKOPSI Minta Bupati Zaki Menjadi Pendamping Daerah Lain

Redaksi
7 Sep 2022 20:19
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Ketua Umum Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Syarif Fasha menyampaikan kebanggaannya atas kiprah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar terkait program pembangunan sanitasi yang baik. Kabupaten Tangerang sendiri menjadi model sanitasi yang baik.

Syarif pun berpesan kepada Bupati Tangerang agar bersedia menjadi pendamping daerah lain agar mampu meningkatkan sanitasi di wilayahnya.

“APPOKSI sepakat Kabupaten Tangerang menjadi rujukan nasional sanitasi aman, investasi masa depan. Kalau nanti banyak tamu harus sabar saja, itu risiko menjadi pilot project,” katanya Syarif di lokasi.

Adapun, Kabupaten Tangerang sendiri menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan City Sanitation Summit (CSS) XX yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang, Rabu 7 September 2022. Tema yang dipilih untuk CSS XX adalah ‘Sanitasi Aman Investsasi Masa Depan’.

“Tema yang dipilih ini luar biasa Pak Zaki, karena sanitasi aman, maka masa depan generasi anak dan cucu kita aman,” ungkapnya.

Menurutnya, sanitasi yang tidak baik ini adalah salah satu penyebab dari stunting. Maka dari itu, ia sangat mengapresiasi Kabupaten Tangerang yang fokus terhadap pembenahan sanitasi di sejumlah infrastruktur, seperti sekolah dan pondok pesantren.

“Saat itu Bapak Presiden (Joko Widodo) di hati-hatinya terkait dengan stunting, itu tidak hanya soal gen dan bukan hanya gizi buruk, tapi meski gizi dan gen bagus, ternyata sanitasi tidak ada, air bersih tidak ada, pembuangan tidak ada, itu adalah penyebab stunting,” tuturnya.

Adapun, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 salah satunya adalah 100 persen air minum layak, 90 persen akses sanitasi layak dan 0 persen bab sembarangan. Terkait hal tersebut, dirinya menyampaikan bahwa saat ini masing-masing daerah yang tergabung dalam AKKOPSI berlomba-lomba untuk merealisasikan hal tersebut.

“Saat ini masing-masing daerah berusaha merealisasikan ini semua, meskipun bantuan pemerintah pusat sangat minim, ini tidak menurunkan kepala daerah untuk mengentaskan sanitasi. Kami ucapkan terima kasih kepada kepala daerah yang serius soal sanitasi ini,” terang Wali Kota Jambi tersebut.(Ramzy)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan