banner 468x60 banner 468x60

Puskesmas Kedaung Barat Ikuti Re-akreditasi Faskes Tingkat Pertama

Ramzy
20 Sep 2023 22:59
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Puskesmas Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang hari ini mengikuti survei re-akreditasi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang dilakukan oleh Komisi Mutu Kesehatan Primer (KMKP). Kegiatan berlangsung selama tiga hari yaitu 20 – 23 September 2023.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis mengatakan, Puskesmas menjadi salah satu jenis fasilitas kesehatan tingkat pertama yang memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional. Terutama, sub sistem upaya kesehatan.

“Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerja masing-masing,” ungkapnya, Rabu 20 September 2023.

Dirinya menjelaskan, tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan serta peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program. Serta penerapan manajemen risiko dan demi keselamatan pasien, pegawai serta lingkungan yang ada di sekitar Puskesmas.

“Untuk Puskesmas Kedaung Barat akan dilakukan re-akreditasi dan ada beberapa Puskesmas yang belum terakreditasi dan tahun ini juga akan melakukan akreditasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Sepatan Timur Asep Nurman Jaenudin menyambut baik re-akreditasi puskesmas yang di wilayahnya.

Ia berharap pelaksanaan re-akreditasi dapat bermanfaat bagi semua pihak.

“Terutama setelah survei kita bisa menjadikan hasil hari ini sebagai budaya atau kebiasaan kita dalam memberikan pelayanan yang bermutu dan menyelamatkan pasien dari hal-hal yang tidak kita harapkan,” tutupnya.(*)