Gandeng Batik Balaraja, Hotel Ibis Gading Serpong Gelar KARNAVALL Batik Nusantara

Ramzy
2 Okt 2023 15:03
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, Hotel Ibis Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Batik Balaraja menggelar KARNAVALL Batik Nusantara.

Event ini diselenggarakan di Lobby Hotel Ibis Gading Serpong dan dilaksanakan pada Senin, 2 Oktober-31 Desember 2023.

Selain untuk memperingati Hari Batik Nasional, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Hotel Ibis Gading Serpong merupakan hotel yang dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak serta kegiatan ini sebagai wadah untuk memperkenalkan berbagai batik tradisional – modern yang ada di Kabupaten Tangerang.

“KARNAVALL Batik Nusantara, rayakan warisan budaya bersama ALL-Accor Live Limitless di Indonesia,” ujar Jamal Muhamad, GM Hotel Ibis Gading Serpong.

Jamal juga mengatakan, di event tersebut pihaknya menggandeng UMKM lokal untuk memeriahkan Karnavall Batik Nusantara di Hotel Ibis Gading Serpong.

“Selalu kita upayakan setiap event yang dilaksanakan tidak lepas dari upaya memperkenalkan budaya, mengangkat wisata, maka itu kali ini kami berkolaborasi dengan Batik Balaraja,” jelasnya.

Sementara itu, Owner Batik Balaraja Andini Ekasari menjelaskan, beberapa produk fashion khas kabupaten Tangerang yang ditampilkan terdapat beberapa motif batik yakni batik motif pesona Tangerang, batik motif padi serta daun merambat, motif bangunan bercerobong asap, motif balai dan mahkota radja, batik motif Gerbang Gemilang dan batik motif Cisadane dan motif Fly Over.

“Beberapa batik tersebut memiliki filosofi yang melambangkan keindahan alam serta budaya dan sejarah lokal Kabupaten Tangerang. Seperti motif padi serta daun merambat melambangkan kesuburan pertanian, motif bangunan bercerobong asap menandakan kemajuan dunia industri serta motif balai dan mahkota radja, dari sejarah Balaraja, wilayah batik ini berasal,” ungkapnya.

Tidak hanya kain batik, lanjut Andini, dirinya juga membawa beberapa hasil kerajinan Batik Balaraja. Diantaranya, sepatu batik, sepatu rajut dan ikat kepala.

“Ada sepatu batik yang perdana kami jual di Hotel Ibis Gading Serpong ini, jadi masih hangat dan ada juga ikat kepala,” pungkasnya.(zie)