Lama Diam, Dirut Perumda NKR Bantah Terlibat Kerusuhan di Pasar Kutabumi

Ramzy
12 Okt 2023 15:43
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Perusahaan Umum Daerah Niaga Kerta Raharja (Perumda NKR) bakal memberikan sanksi kepada oknum pegawainya jika terbukti terlibat kerusuhan dan dugaan penjarahan di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang pada Minggu, 24 September 2023 lalu.

Saat ini diketahui, ada satu orang pegawai Perumda NKR yang sudah dalam pemeriksaan intens kepolisian. Sementara tiga orang lain yang merupakan anggota ormas, mereka sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kerusuhan tersebut.

Direktur Utama Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang, Finny Widiyanti meminta agar pihak Polresta Tangerang segera mengusut tuntas aksi penjarahan Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis  lalu.

“Perumda NKR menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan pemerintah Kabupaten Tangerang, pedagang dan masyarakat. Kami juga meminta agar Polisi mengusut tuntas pristiwa tersebut, ” katanya, Kamis 12 Oktober 2023.

Finny mengungkapkan, peristiwa mencekam yang menimbulkan korban luka bagi para pedagang itu berawal dari surat permohonan bantuan pengamanan Pasar Kutabumi kepada pihak ormas.

Surat tersebut diterbitkan oleh Kepala Pasar Kutabumi, Hapid Fauzi, yang ditujukan kepada kelompok organisasi masyarakat.

Finny menegaskan program revitalisasi Pasar Kutabumi tetap harus segera dilaksanakan. Alasannya, kondisi Pasar Kutabumi sudah tidak sehat. Drainase, kebersihan, sirkulasi udara, zoning antar komoditi di area unggas jauh dari standar pasar yang bersih dan sehat, sehingga membuat pembeli tidak nyaman.

“Kalau tidak segera dibangun, maka Pasar Kutabumi tersebut akan tertinggal dan akan kalah bersaing dengan pasar-pasar modern di era serba digital ini,”katanya.

Finny menjelaskan, Pasar Kutabumi telah beroperasi sejak 2003. Hak guna bangunan (HGB) dan hak pakai Pasar Kutabumi berlaku selama 20 tahun.

“Makanya, pada tahun 2023 ini masa guna bangunan dan hak pakai tersebut sudah habis. Sehingga kami selaku Perumda Pasar melaksanakan program revitalisasi,” jelasnya.(zie)