9 Tips Puasa agar Tidak Lemas dan Ngantuk

  • Whatsapp
foto:canva.com

Puasa merupakan ibadah wajib bagi seluruh umat Islam, oleh karena itu kita juga harus menjaga kesehatan saat berpuasa. Yang utama adalah menjaga kondisi tubuh kita agar tetap fit meski sedang berpuasa. Berikut tips Puasa agar Tidak Lemas dan Ngantuk:

Usahakan untuk Tidak Tidur setelah Sahur

Usahakan untuk tidak tidur setelah sahur, tunggu sebentar, Tidur setelah sahur akan membuat tubuh cepat merasa lemas dan lapar, karena saat tidur ion-ion akan keluar. jadi saat jam 9 pagi kita akan merasa lapar dan haus, dan kita juga akan malas untuk melakukan sesuatu.

Saat Sahur, Sebaiknya Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Nasi :canva.com

Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks akan dipecah atau dicerna oleh gula darah lebih lambat, sehingga gula darah akan tetap stabil (tidak mengalami fluktuasi yang tinggi). Selain itu, karbohidrat kompleks juga sangat membantu dalam proses metabolisme energi tubuh.

Jangan Makan Gorengan saat Sahur

Makan gorengan saat sahur sangat tidak dianjurkan, hal ini karena suplai energi tubuh berkurang saat berpuasa. Akibatnya, seseorang akan mengantuk di siang hari.

Agar Kenyang Lebih Lama, Makan Nasi

Nasi sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Selain menyehatkan, nasi juga bisa menyuplai energi dalam tubuh. Untuk nasi putih, saat berpuasa tubuh bisa bertahan selama 8 jam. dan kalau mau kenyang lebih lama, coba makan nasi merah.., kenapa? Beras merah bisa membuat tubuh kenyang dan tidak merasa lapar hingga 10 jam, karena penyerapan energinya bisa lebih lambat dibandingkan nasi putih.

Kurangi Manis – manisnya

Tips puasa agar tidak lemas dan ngantuk berikutnya adalah menghindari makanan manis. Makanan manis membuat tubuh melepaskan insulin yang menyebabkan rasa lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari darah ke dalam sel-sel tubuh dan menggunakannya sebagai sumber energi. Makanan manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam maka akan ada 12 jam kondisi tubuh akan lemas.

Campur Karbohidrat dan Protein

Karbohidrat bikin takut gemuk? Jangan khawatir! Karbohidrat sebenarnya penting agar tubuh tidak menjadi lemas saat berpuasa. Kuncinya, pilih menu karbohidrat dengan angka GI (Glycemic Index) rendah agar gula darah naik perlahan dan rasa kenyang lebih lama.

Lalu, apa saja yang mengandung GI rendah? Diantaranya adalah beras merah, oatmeal dan roti gandum. Tak hanya itu, protein juga berguna untuk membuat perut terasa lebih kenyang. Jadi, pilihlah susu, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Asupan Air putih 10 Gelas Setiap Hari

air:canva.com

Karena saat puasa tidak bisa minum, sesuaikan asupan air putih minimal 10 gelas setiap hari. Anda tidak harus mengonsumsi air mineral, tetapi Anda juga bisa menggunakan jus buah, teh, atau sup.

Mulailah dengan Minum dulu

Cara menaikkan kadar gula yang tepat secara perlahan adalah dengan meminum teh manis hangat dengan 3-5 biji kurma terlebih dahulu, kemudian 10-20 menit setelah berbuka puasa. Hal ini bertujuan agar gula tidak cepat naik dan pankreas tidak kaget. Hindari juga makan gorengan dan santan, dan pilih menu yang dipanggang, atau baru saja dibakar.

Lakukan Sedikit Olahraga

olahraga:canva.com

Jangan langsung tidur setelah sholat subuh. Sedikit berolahraga di depan rumah sambil menghirup udara segar, maka tubuh akan lebih bugar. Jika perlu, lepas sandal Anda dan berjalan di atas kerikil yang agak besar untuk meningkatkan sirkulasi darah. Jika Anda mengantuk di siang hari, cobalah melihat tanaman hijau dan lakukan beberapa latihan peregangan. Badan akan terasa lebih ringan dan Anda siap menunggu berbuka puasa.

Demikian pembahasan mengenai tips Puasa agar Tidak Lemas dan Ngantuk, semoga artikel ini bermanfaat.

Wartawan

Related posts