Beragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Ternyata Luar Biasa

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi :canva.com

Saat ini kita hampir memasuki bulan Ramadhan. Dan tentunya di bulan Ramadhan, sebagai umat Islam kita berpuasa selama satu bulan. Dari matahari terbit sampai terbenam, kita berpuasa untuk menahan diri dari makan dan minum. Tidak hanya itu, kita juga belajar menahan diri dari segala hal buruk yang dapat membatalkan puasa. Selain menahan diri dari makan atau minum, puasa sendiri memberikan banyak manfaat bagi kita.  Berikut Manfaat Puasa untuk Kesehatan.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat puasa untuk kesehatan yang pertama bagi tubuh kita adalah meningkatkan kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58% lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Selain itu, puasa juga dapat membantu mencegah penyakit diabetes dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, dua hal inilah yang menjadi penyebab penyakit jantung. Namun, tentunya untuk mencegah penyakit jantung selain berpuasa, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan memperhatikan asupan makanan saat berpuasa.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung, puasa juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain menurunkan berat badan karena kita tidak mendapatkan asupan kalori saat berpuasa, juga karena saat berpuasa tubuh akan membakar lemak yang diubahnya menjadi sumber energi.

Termasuk kelebihan lemak di sekitar organ tubuh, seperti ginjal atau hati, yang bisa mengganggu fungsi organ tersebut. Pembakaran lemak inilah yang dapat membantu menurunkan berat badan dalam tubuh kita. Apalagi menurut para ahli, dalam jangka panjang, jika kita melakukan puasa dengan benar dan terus menerus dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan metabolisme secara keseluruhan.

Menurunkan Gula Darah

Manfaat puasa selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan gula darah. Puasa dapat menurunkan kadar gula darah hingga lebih dari 30% dalam beberapa hari pertama yang mana bagi penderita yang memiliki kadar gula tinggi penurunannya cukup signifikan. Namun perlu juga diperhatikan bahwa kadar gula dalam tubuh harus tetap stabil karena kelebihan atau kekurangan kadar gula darah dalam tubuh sama-sama tidak baik.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain memberikan manfaat fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Puasa dapat mencegah gangguan depresi dan kecemasan, dan menurut sebuah penelitian, puasa dapat membuat tubuh memproduksi banyak endorfin atau hormon yang membuat Anda bahagia.  Namun, efek ini tidak langsung terasa saat menjalani puasa di hari pertama. Biasanya efek tersebut akan terasa sekitar 3-4 hari setelah puasa karena tubuh juga butuh adaptasi.

Buang Racun dalam Tubuh

Selain itu, puasa juga bermanfaat dalam membuang racun dalam tubuh. Dengan tidak mengkonsumsi apapun selama puasa, tubuh akan berkonsentrasi untuk membuang racun karena kita memberikan kesempatan pada sistem pencernaan untuk beristirahat sejenak. Selain itu, ketika tubuh membakar lemak untuk energi, ia juga membakar racun berbahaya di sisa lemak.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain dari puasa adalah meningkatkan fungsi otak. Menurut para ahli, puasa dapat menyebabkan pelepasan BDNF (brain-derived neurotrophic factor) di otak yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel otak dan dapat meningkatkan fungsinya. Selain itu, BDNF sendiri juga dapat melindungi sel-sel otak dan dapat mengurangi depresi serta risiko berkembangnya demensia atau pikun.

Awet muda

Khasiat yang terakhir dan juga banyak didambakan banyak orang adalah awet muda. Dengan berpuasa tubuh kita akan menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolisme dalam tubuh, terutama saluran pencernaan. Berhentinya proses metabolisme ini dapat menghambat penuaan dini. Selain itu, puasa juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh secara signifikan sekaligus meningkatkan antioksidan yang juga dapat membuat kita awet muda.

Itulah beberapa Manfaat Puasa untuk Kesehatan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan saat berpuasa. Tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga tubuh yang sehat. Semoga bermanfaat.

Wartawan

Related posts