PPS di Tangerang Belum Menempel Salinan C1

Ramzy
26 Apr 2019 16:18
2 menit membaca

TANGERANG – Salinan formulir model C1 atau hasil perhitungan suara dari beberapa TPS yang berada di Kabupaten Tangerang belum terumumkan. Hal tersebut berdasarkan pantauan langsung Suarabantennews di Kantor Desa Munjul, Kecamatan Solear dan Desa Bantar Panjang, Kecamatan Tigaraksa, Senin (22/4/2019).

Berdasarkan PKPU pasal 61 ayat 1 yang berisi bahwa KPPS mengumumkan salinan formulir model C-KPU, model C1-PPWP, model C1-DPR, Model C1-DPD, model C1-DPD, model C1-DPRD Provinsi, dan model C1-DPRD Kab/Kota di lingkungan TPS yang mudah diakses oleh public selama 7 (tujuh) hari. Selain diumumkan di lingkungan TPS, KPPS juga harus satu rangkap salianan model C1 Pileg maupun Pilpres kepada PPS untuk diumumkan di Kelurahan atau Desa.

Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Tangerang Anis Darari mengatakan, sebenarnya pihaknya juga sudah memberikan himbauan kepada KPU Kabupaten Tangerang agar mengintruksikan kepada jajarannya agar dapat menempel salinan C1 tersebut.

“Di undang-undang KPU dan PKPU pun sudah dijelaskan 7×24 jam petugas PPS harus menempel di lokasi masing-masing, hal tersebut terjadi karena mungkin petugas PPS kelelahan jadi belum sempat untuk menempel,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abudin saat dihubungi oleh Suarabantennews menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menyampaikan himbauan kepada PPK dan PPS untuk segera menempelkan hasil salinan formulir C1 di setiap kantor kelurahan atau desa di Kabupaten Tangerang.

“kami sudah sampaikan itu, baik sebelum dan sesudah masa pencoblosan 17 April 2019, tetapi PPS masih ada saja yang belum menempelkan hasilnya. Kemudian ada PPS yang sudah menempelkan hasil salinan C1 di mading Kelurahan, tetapi sebagian orang yang tidak bertanggung jawab mengambil salinan C1 dan tidak langsung dikembalikan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah pihaknya akan mengecek langsung ke lokasi yang belum tertempel salinan model C1. Jika memang ditemukan kelurahan yang masih belum menempelkan C1 maka pihaknya akan langsung menguintruksikan PPK atau PPS setempat agar segera secepatnya ditempel.(res)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan