Wujudkan Program “Polri Peduli Lingkungan”, Kapolda Banten Tanam Ribuan Pohon

Ramzy
10 Jan 2020 12:48
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Kapolda Banten, Danrem 064/MY, Gubernur Banten, dan elemen masyarakat menggelar penanaman ribuan pohon secara serentak di kabupaten/kota Provinsi Banten, Jumat (10 Januari 2020).

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata menyampaikan, kegiatan ini adalah bagian program “Polri Peduli Lingkungan” yang dimulai Kapolri bersama personel Mabes Polri dengan melakukan penanaman 2020 pohon di Pusat Pendidikan Multifungsi Polri di Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 10 Januari 2020.

Realisasinya adalah penanaman pohon oleh anggota Polri secara nasional, dimulai tingkat Polsek, Polres, Polda hingga Mabes Polri, dari lingkungan kantor, Asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif, baik milik Polri, pemerintah, maupun warga lainnya.

“Termasuk daerah aliran sungai dan daerah pesisir Pantai Anyar, Carita yang biasa diberdayakan sebagai ekosistem mangrove,” jelas Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso.

Kapolda Banten beserta Danrem 064/MY, Forkopimda, dan elemen masyarakat melakukan penanaman pohon di lahan Satbrimob Polda Banten, Jl. Sepang Cimoyon, Kecamatan Taktakan, Kabupaten Serang.

Para Kapolres jajaran Polda Banten juga melakukan kegiatan yang sama di wilayah masing masing bersama Dandim, Bupati, atau Walikota, dengan mengikutsertakan elemen masyarakat.

Kapolda Banten menyampaikan, hingga 10 Januari 2020, dampak bencana banjir bandang di Lebak menyebabkan 9 orang korban meninggal dunia dan 2 orang korban masih dinyatakan hilang.

Agung juga menyatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih akan terjadi mengingat musim hujan akan berlangsung hingga Februari 2020 mendatang.

Polda Banten terus mengingkatkan kesiapsiagaan dengan mempersiapkan personel siaga bencana alam, baik di tingkat satuan kerja di Polda maupun di satuan fungsi di tingkat polres hingga polsek. Selain itu, kepolisisan juga menyediakan sarana perahu karet, rakit buatan, dan personel kesehatan lapangan melalui bidang kesehatan Polda Banten.

Di awal tahun 2020 ini, Kapolri juga menginisiasi program “Polri Peduli Lingkungan” yang sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia.

“Harapannya, populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadinya longsor,” kata Agung dalam keteranganya, Jumat (10 Januari 2020).

Pohon yang nantinya ditanam ini, telah dipilih khusus agar bisa memberikan kemanfaatan jangka panjang hingga ke anak cucu, mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar, termasuk pepohonan yang memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.

Jenis pohon yang ditanam meliputi mahoni, pule, ketapang laut,  tembesi, durian, rambutan, kelengkeng, dan mangga dengan jumlah sekitar 20.000 pohon lebih.

“Untuk itu, semua pimpinan kewilayahan Polri perlu membangun sinergitas dengan TNI, Pemda, LSM dan perusahaan swasta. Setidaknya coorporate social responsibilty (CSR) perusahaan tersebut dapat diarahkan untuk mendukung pemulihan lingkungan hidup,” ujarnya. (Hms/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan