Antisipasi Banjir, BMPSDA Keruk Empat Sungai

  • Whatsapp

TIGARAKSA; SBN — Guna mengantisipasi banjir Pemerintah Kabupaten Tangerang, selama 2017 dan 2018 sudah melakukan pengerukan empat sungai yang melintasi wilaya Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (BMPSDA) Kabupaten Tangerang, Slamet Budi mengatakan penanganan pertama yang dilakukan Bina Marga dengan melakukan pembersihan sungai bersama TNI.

“Karena sebagian sungai yang ada di wilayah kita ini merupakan wewenang pusat, jadi kita gunakan dana hibah bersama dengan TNI,” kata Slamet Budi, Rabu (21/11/2018).

Dia menjelaskan, normalisasi kali atau sungai ini berjalan dengan lancar, beberapa desa dan kecamatan yang dialiri bisa terhindar dari banjir.

“Ini sudah selesai dinormalisasi. Contohnya, sungai Cirarab, cimanceri, kali sabi dan kali cilongong,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Teknis pada Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Lukman menjelaskan, pengerukan ini adalah salah satu upaya Pemkab Tangerang agar aliran air yang melintasi sungai dan kali dapat berfungsi dengan baik sehingga aliran airnya semakin lancar dan tidak akan meluap terutama saat musim penghujan tiba.

Menurut dia, program pengerukan normalisasi kali sangat didukung oleh warga. Hal ini, ia melanjutkan, dapat menghindari banjir yang selama ini menghantui warga.

“Sudah antisipasi sejak setahun yang lalu, karena sungai melintasi ke wilayah kita punya pusat, kita gunakan dengan dana hibah bersama TNI,” tandasnya. (zie)

Penulis : Achmad Ramzy

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *